Tentang VGA Card


Advertisement


Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang VGA card, mungkin ada yang sudah hafal diluar kepala atau ada yang baru kali ini mendengar istilah VGA card :D, bagaimanapun peranannya sangat penting, karena tanpa VGA card kita tidak dapat nge-blog menggunakan komputer :D. VGA card atau Video Graphics Accelerator adalah perangkat Output yang berfungsi untuk mengubah bahasa mesin menjadi tampilan baik grafis maupun text mode di layar monitor. Jadi VGA card menghubungkan sistem PC dengan monitor.VGA card memiliki processor yang disebut GPU(Graphics Processing Unit) yang memerlukan media penyimpanan (memory). Ukuran memory VGA hampir sama dengan main memory, tetap dalam satuan byte. Kebanyak an VGA saat ini telah memiliki kapasitas memory dan clock yang tinggi.


Contoh diatas adalah VGA card jenis non on board (jenis tambahan), keuntungan VGA card jenis ini adalah kita dapat dengan mudah menggantinya apabila terjadi kerusakan atau ingin meng-upgradenya, komponen ini disebut VGA card karena memang bentuknya yang mirip kartu, cara memasangnya pada motherboard dengan menancapkannya. Terkecuali yang jenis on board, bentuk fisiknya menyatu dengan motherboard (MOBO), MOBO yang sudah dilengkapi VGA card on board tidak memerlukan VGA card tambahan, kecuali terjadi kerusakan maka masih tersedia slot untuk memasang VGA card tambahan.

Karena VGA card memiliki IC processor yang mengeluarkan panas, maka diperlukan alat tambahan untuk membuang panas tersebut, ada yang berupa sirip-sirip pendingin (heatshink) atau bisa berupa kipas yang terpasang menyatu dengan VGA card.

Advertisement

{ 8 Comments... read them below or add one }

Belantara Indonesia said...

wah ndak bisa balapan, kalah master sama situ sohib...hhh....lagian lg banyak busy di barak pengungsian Merapi.....hhh...

Dwi said...

haha.., kegiatan mulia itu lebih penting mas. tetap semangat ya mas bro... :D

Belantara Indonesia said...

hhh...semangat!..thx..btw..kambingnya piaraan ato istri?..hhh........candaaaaa....

Dwi said...

kambing simpanan wkwkkw...

Hantu Facebook said...

mantap tuh kalo kompi pake VGA Card, tapi sayang neh gua masih pake VGA onboard

Tri Setyo Wijanarko said...

sebenernya kalau mau gampangnya, vga itu bisa diibaratkan dengan satu set komputer. bedanya vga mengolah grafis sedangkan komputer mengolah data. di dalam vga terdapat gpu seperti yang mas dwi katakan dalam postingan ini. di dalam komputer terdapat cpu. keduanya juga memiliki clokc. di vga dan di komputer sama-sama terdapat memory yang memiliki clock, bandwith dan timing memory.

terimakasih atas postingannya mas dwi
salam kenal

Dwi said...

@ Hantu Facebook: VGA onboard juga dah bagus sob.
@ Tri Setyo Wijanarko: iya mas, bener banget. salam kenal juga mas.

dobby A said...

mantep gan.. artikel nya cukup mudah dimengerti
thx

Post a Comment