Pertimbangan Untuk Membeli Monitor LCD


Advertisement
Saat ini sebuah monitor lcd masih tergolong cukup mahal, yang ukuran 15 inch kurang lebih kalau di Jakarta harga second-nya sekitar Rp. 600 ribuan, kadang masih susah dicari, kalaupun ada pasti harganya sudah diatas rata-rata. Sebenarnya banyak pertimbangan untuk mengganti dari monitor crt flat yang masih dipakai dengan sebuah monitor lcd, tentu saja penggunaan yang tepat agar mengurangi pembiayaan yang dikeluarkan. Sebelum membeli sebuah monitor baru baik juga untuk mempertimbangkan apakah nantinya akan berguna secara optimal, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan masing masing, apakah Anda termasuk gamer hardcore, desain grafis, video editor, atau suka surfing web dan main chatting.

Untuk konektivitas perlu juga diperhatikan, apakah kartu video (VGA card) komputer Anda mendukung atau tidak. Port video monitor yang paling umum adalah VGA, HDMI, dan DVI. Kartu video model lama biasanya mendukung VGA, sedangkan untuk model baru sudah ditambahkan soket HDMI dan DVI.

Untuk para gamers, menggunakan monitor dengan ukuran layar lebih lebar sangat cocok, 19 inch misalnya, agar lebih leluasa menikmati tampilan gambarnya. Sedangkan untuk kegunaan desain grafis yang terpenting diperhatikan adalah pixel (dot pitch) dari monitor itu, sebaiknya memilih monitor yang memiliki pixel lebih rendah/halus, dalam hal ini monitor lcd sangat sesuai. Untuk kegunaan warnet atau chatting bisa memakai monitor crt yang masih tergolong model baru, dengan pengaturan yang tepat tampilan monitor crt juga tidak kalah dengan lcd, hal ini akan membantu menghemat pengeluaran biaya.

Advertisement

{ 4 Comments... read them below or add one }

Belantara Indonesia said...

jadi inget ni..LCD ku 15 inch bobrok, nongkrong di rumah...asem...ya bikin aku pake monitor gendut sekarang...hahahahahhahahha

Dwi said...

haha..,gendut gpp mas, malah seksi...

Tri Setyo Wijanarko said...

2 tahun yang lalu beli LCD monitor 24 inch harganya masih $700, sekarang harganya bikin sakit hati.. hahahhaha.. sekarang $400 udah dapet LCD 24 inch.. :D

tapi tetep bersyukur karena sampai sekarang LCD-nya masih normal-normal aja dan nggak pernah ada masalah..

BLOG-SANTAI said...

kalo buat browsing2 aja mending biasa2 aja ya?
Soalnya game ngak suka, Desain grafis juga oon,
Hehe

Oya, makasih udah berkunjung.. Aq juga dah follow no. 91 (yg kuning2 itu lho :p)

Salam kenal ya :))

Post a Comment