Penyebab Monitor Blank Putih


Advertisement


Hari ini bukan hari yang mudah, mendapat repairan rata-rata rusaknya pada mati semua, kerusakannya sudah seperti monitor LCD, mulai dari tidak ada power, tidak ada gambar, dan yang agak susah monitor blank putih. Monitor CRT Samsung model Syncmaster 750s 17 inch biasanya kalau rusak tidak begitu rewel, beda dengan yang ini, agak lama juga tadi mencari kerusakan apa penyebab monitor blank putih. Pertamanya sih monitor tidak ada gambar, cek tegangan 12v ok, G2 normal, G1 juga normal. Yang kayak gini biasanya ga jauh dari IC osilator TDA 9113, tapi IC sudah diganti masalah masih belum selesai. Hmm.., harus buka kitab nih kayaknya, iseng-iseng membuka jalur G1 terus dinyalain, siapa tau muncul gambar, dan ternyata gambar memang muncul tapi yang ada gambar blank putih.

Penelusuran selanjutnya langsung mengarah ke bagian blok video, raster sudah normal tinggal video belum ada, pasti ga jauh-jauh ya diblok video. Video cek tegangan OK, komponen OK, coba ganti IC LM 1237 dan KA1251 masih juga tidak membuahkan hasil. Layar monitor masih blank putih, seakan mengejek kepala yang sudah mulai pusing ini. Mengingat-ingat ilmu lama, blok video OK, blok horizontal juga OK, coba deh gantian meneliti blok program, ya pencarian berlanjut ke blok program dan memory. Kalau jalur PCB dari videoboard ditelusuri mengarah kesalah satu IC didekat IC program, tipe IC-nya KA324, tidak salah lagi pasti ini nih yang error, langsung saja kuganti dengan tipe yang sejenis, dan..., jreng..., nyala.!! Ternyata memang IC ini yang mengalami kerusakan, setelah pencarian yang lumayan lama.


Kalau dianalisa benar juga, kalau IC KA324 mati, blok video tepatnya IC KA1251 tidak dapat bekerja karena tegangannya saling berkaitan. Hmm.., selesai sudah tugas berat pada hari ini, dan satu ilmu berharga-pun didapat, untuk mengabadikannya langsung saja diposting diblog.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Anonymous said...

bang..monitor gue LG blank putih juga
awal dihidupin gambar dilayar normal trus sktr 1 menit langsung blank putih semua
mohon pencerahannya...

Post a Comment