Pengertian Transformator


Advertisement


Transformator/trafo adalah komponen elektronika yang berfungsi menaikkan atau menurunkan tegangan AC. Bahan yang digunakan untuk membuat trafo adalah kawat email tembaga yang dililitkan pada lempengan-lempengan besi, terdiri dari bagian primer dan bagian sekunder. Ada bermacam-macam jenis trafo didalam perkembangannya, dan mempunyai berbagai fungsi juga.

Diantaranya yaitu trafo step-up, yang digunakan untuk menaikkan tegangan AC, trafo jenis ini dipakai dalam rangkaian-rangkain pembangkit tegangan pada perangkat elektronika seperti trafo inverter LCD monitor, trafo inverter TV, dll. Sedangkan trafo step-down adalah kebalikannya, yaitu berfungsi menurunkan tegangan AC, contoh pemakaiannya pada adaptor. Tau adaptor kan? kalau ga tau ya cari tau sendiri deh, soalnya kalau dijelaskan disini jadi panjang berderet-deret nanti..

Prinsip trafo juga digunakan dalam mengubah impedansi, contohnya pada gulungan spul yang terdapat pada speaker, kalau speaker dibuka dalamya ada lilitan kan? nah, itu sebenarnya juga termasuk trafo. Kegunaan lain yaitu trafo dipakai sebagai pengatur frekuensi, contohnya pada pesawat radio, dalamnya ada gulungan kawat yang disebut koker, yang dipakai untuk mengatur frekuensi radio tersebut.

Sebenarnya masih sangat banyak pemakaian trafo didalam kehidupan sehari-hari, tapi sekilas itu saja tentang transformator ya, soalnya kalau dijelaskan semua ntar malah pada keblinger mbacanya..

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment