Memperbaiki Power Supply LCD Monitor


Advertisement
Salah satu bagian penting dalam sebuah LCD monitor adalah power supply. Pada bagian power supply ini sering terjadi kerusakan yang mengakibatkan LCD monitor mati atau tidak ada tampilan gambar. Secara umumnya sebuah power supply monitor LCD memiliki beberapa komponen yang mudah mengalami kerusakan yaitu fuse, dioda, IC power, mosfet, dan capasitor (elco). Untuk langkah-langkah memperbaiki power supply LCD monitor Anda bisa memulai dengan tahapan seperti berikut:

1. Buka cover LCD monitor, pisahkan tiap-tiap bagiannya.

2. Ambil blok power supply, biasanya masih tertutup pelindung plastik atau casing besi, buka sekrup dan pelindungnya.

3. Periksa bagian power supply dengan melihat kondisi fisiknya, apakah ada komponen yang terbakar atau rusak secara fisik?

4. Jika tidak ada, dilanjutkan dengan pemeriksaan menggunakan multimeter, pertama ukur fuse tegangan AC-nya (250volt/2A).

5. Jika fuse tidak rusak, dilanjutkan dengan melakukan pengukuran pada tiap-tiap komponen seperti mosfet, dioda, dan melakukan penggantian IC power, dengan catatan IC harus sejenis.

6. Kalu kerusakan pada blok AC tidak ditemui, lanjutkan pencarian pada bagian DC konverter, biasanya capasitor-capasitor-nya sering mengalami kerusakan, tetapi jika capasitor rusak akan terlihat dari bentuk fisiknya (menggembung).

7. Lakukan pengukuran komponen seperti langkah nomor 5, dilanjutkan dengan mengukur tiap-tiap tegangan DC yang keluar, apakah semua dalam keadaan normal?

8. Kalau diteliti betul-betul kerusakan power supply LCD monitor pasti dapat diperbaiki.

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

Sukadi Brotoadmojo said...

Terimakasih infonya Mas, biasanya kalau komputer rusak langsung panggil teman, kalau mau di utak atik sendiri takutnya malah tambah rusak parah... he.he

Dwi said...

itung-itung belajar mas, haha..

Post a Comment