Memperbaiki Harddisk Terkena Bad Sektor


Advertisement


Istilah bad sektor sudah tidak asing lagi bagi kita, tapi mungkin ada yang belum paham apa sebenarnya bad sektor itu? Bad sektor adalah sektor pada harddisk atau flash disk yang mengalami kerusakan permanen sehingga sistem Windows tidak bisa mengaksesnya. Bad sektor bisa dideteksi menggunakan software utility disk seperti CHKDSK atau ScanDisk pada Microsoft.

Bad sektor bisa terjadi karena berbagai macam sebab, diantaranya seperti mematikan komputer tidak melalui Shutdown, tegangan power AC tidak stabil, sering mati lampu, dll. Ciri-ciri komputer yang harddisk-nya terkena bad sektor diantaranya seperti Windows hang secara tiba-tiba, kadang susah untuk mengakses data atau file, harddik mengeluarkan bunyi, data-data dalam folder hilang tiba-tiba (folder empty), atau folder tidak bisa dibuka.

Nah disini yang akan kita bahas adalah memperbaiki harddisk yang terkena bad sektor dengan menggunakan bantuan software, yaitu HDD Regenerator. Cara-pemakaiannya tidak terlalu rumit, yaitu:
1. Jalankan software HDD Regenerator.
2. Pilih "Click here to repair physical bad sectors on damaged drive survace directly under windows".
3. Kemudian pilih lokasi harddisk yang akan diperbaiki bad sektornya.
4. Ikuti instruksi selanjutnya dan tunggu proses sampai selesai.

Biasanya lama waktu untuk scan/repair bad sektor bergantung pada besarnya harddisk yang direpair, semakin besar size harddisk maka memerlukan waktu yang lama untuk memperbaikinya. Perlu diingat bahwa tidak semua bad sektor dapat diperbaiki menggunakan HDD Regenerator, kalau pengalaman saya sejauh ini cukup membantu juga adanya software tersebut. Bahkan pernah saya mendapat servisan PC yang Windows-nya sudah tidak bisa dibuka sama sekali, karena didalamnya terdapat data-data yang penting, maka siempunya PC meminta saya bagaimana caranya untuk menyelamatkan data tersebut. Kemudian saya coba scan dengan HDD Regenerator, dan ternyata Windows bisa dijalankan, tetapi setelah data diback-up, harddisk saya ganti yang baru karena memang sudah tidak layak pakai.

Selamat mencoba semoga tips diatas membantu.


Advertisement

{ 5 Comments... read them below or add one }

Sukadi Brotoadmojo said...

terimakasih sharing ilmunya mas, kalau nemui kerusakan/trouble pada komputer biasanya saya langsung menghubungi teman, masalahnya nggak begitu paham sama yang namanya hardware..he.he

Iseng Ngeblog said...

Gratis pa bayar ni gan, soalnya suka perlu software beginian

Dwi said...

@ Iseng Ngeblog: ada crack-nya sih mas gan,, biasanya disertakan dalam rar file.

Mart Rejauw said...

bagus banget""
semoga ini menjadi yg terbaik tuk org lain...

Mart Rejauw said...

bagus

Post a Comment