Kerusakan Plasma TV (Huufh)


Advertisement
Sudah dua hari mendapat servisan plasma TV yang body-nya besar minta ampun, perlu dua orang baru bisa mengangkatnya. Kebanyakan plasma TV yang datang kali ini dari Eropa, aku sempat berfikir, wah jangan-jangan akan menimbulkan masalah nanti, soalnya setahuku sistem siaran yang digunakan Eropa dan Asia nggak sama, sistem warna juga berlainan (PAL dan NTSC). Tapi keburu ada orang order jadi langsung hajar saja, dan kebetulan kerusakan-kerusakan yang ditemui hanya seputar power saja. Seperti plasma TV merk Samsung 42 inch kerusakan tidak ada gambar ternyata hanya dioda 12 volt-nya yang mati. Ganti dioda langsung jreng.. nyala. Pada TV-TV yang lain kebanyakan juga begitu, tidak jauh dari power dan converter.

Plasma TV tidak ada gambar, dioda dalam lingkaran merah mati
Tapi ada salah satu plasma TV yang kerusakannya mulai bikin runyam, TV Samsung 42 inch dengan kerusakan gambar melompat-lompat (gambar melompat-lompat kayak apa ya? :D), pokoknya gambar cuma ada garis-garis dari atas kebawah, ditambah tidak ada warna (hitam putih). Wah mulai bikin pusing kepala nih, pertama penyelidikan langsung mengarah kebagian osilator, setelah semua diteliti ternyata osilator tidak bermasalah Hmm.. berpikir lagi, setelah dianalisa bagian selanjutnya yang dicurigai adalah blok tuner, kenapa demikian? karena selain gambar tidak stabil ditambah warna juga masih hitam-putih, jadi kemungkinan penangkapan frekuensi masih belum sempurna.

Setelah bagian tuner dibuka, ternyata tiung.. tiung.. dies, ketemu deh, banyak open solder disana-sini, langsung saja solder bergerilya menghajar bagian-bagian yang sudah pada retak. Penyolderan selesai, dicoba TV dinyalakan, jreng.. waduh .., gambar sih normal, tidak ada lompat-lompat lagi, tapi masih hitam-putih. Hmm.. apanya lagi nih, langsung saja mengeluarkan jurus pamungkas 'Segoro Geni' dies-dies semua bagian tuner dihajar habis, sampai kesoket-soket dan kabelnya disisir rata, eh masih tidak ok juga.

Mesin plasma TV yang rusaknya rewel, bikin pusing kepala
Bosan selidik sana-sini tidak membuahkan hasil, akhirnya kembali pada logika awal, yaitu sistem warna yang tidak sama, hufh.. tadi disepelekan ternyata muncul juga masalahnya. Kemudian kucoba mencari referensi diinternet, Googling tentang perbedaan PAL dan NTSC, apakah kira-kira masih ada kemungkinan berhasil atau tidak. Ternyata tetap blank, penyelesaian tidak ada, hmm.. akhirnya divonis mati sajalah.. daripada pusing-pusing, vonis mati dengan alasan sistem warna tidak sama hihi.. selesai dah.

Advertisement

{ 10 Comments... read them below or add one }

ingin tahu said...

wes...trimo ra garap aku...hehehe

Dwi said...

wah bener-bener bikin pusing ko, ngeri pokoknya.. cepet tua kalau kyk gini terus hhh..

ingin tahu said...

sabar wae mesti ono hikmahe mengko!!!!

bintangair said...

jadi inget pelajaran elektronik waktu sekolahan
ampun deh banyak banget pernak-pernik di dalem pesawat tipi.

Celotehan said...

kunjungan balik teman :),
ngga ngerti aku soal elektronik ,,,

tutur mujiono said...

Mas saya punya problem TV plasma samsung 42" posisi Stnb pas di tekan channel langsung Off. apanya kira-kira yang rusak ?
Thx. Tutur.

Dwi said...

@ tutur mujiono: dilihat dari kerusakan yang paling ringan, bisa jadi karena button channel sudah tidak berfungsi dengan baik.
kalau kerusakan yang lebih parah bisa karena IC programnya sudah ngacak/ soak. terimakasih mas.

Anonymous said...

Mas saya punya samsung plasma tv 43' pada tampilannya ada muncul.bintik bintik putih yg bergerak gerak/bergoyang goyang.bintik putih ini byk.seperti membentuk garis horizontal bergoyang gotang.saya pararelkan dengan tv yg dikamar.tv yg dikamar jd ikutan seperti itu.pdhl tv yg dikamar sdh dites bagus dan sudah dites pake sebelumnya.tolon,thanksg berikan solusi 081376765858/sagala@toke.com
Thanks

Donny Tahir said...

Mas Dwi, saya punya tv samsung plasma type ps-42p4h1, kerusakannya tidak ada raster, pakai tv gelap, pakai video in juga hanya gelap saja, tapi menu di tv nya keluar semua, suara normal, kira kira apanya ya mas ?
Tolong bantu kasih solusi mas...trims berat.
Donny Tahir 089639998869

Dwi said...

@ Donny Tahir: wah sudah lama sekali saya tidak servis plasma tv mas Donny, tapi melihat gejala kerusakan tivi mas sepertinya itu disebabkan supply tegangan tinggi yang menuju panel plasma tidak normal atau mati. solusinya harus dibongkar langsung dan di test mas, tapi kalau plasma kecil kemungkinan untuk dapat diperbaiki.

terimakasih

Post a Comment