Jenis Jenis Gerbang Logika


Advertisement


Gerbang logika, apakah itu? bagi yang mahir dalam pelajaran elektronika atau informatika pasti tau istilah gerbang logika, gerbang logika sering juga disebut gerbang logika boolaen. Artinya adalah sebuah sistem pemprosesan dasar yang memproses input berupa bilangan biner (0/1) menjadi output yang berkondisi yang akan digunakan dalam proses selanjutnya. 

Sebenarnya gerbang logika ini adalah dasar dari pemprosesan semua sistem yang masuk dan keluar pada sebuah komputer. Ada beberapa macam gerbang logika, diantaranya seperti berikut:

Jenis Jenis Gerbang Logika

1. Gerbang AND



2. Gerbang-OR




3. Gerbang-NOT


4. Gerbang-NAND



5. Gerbang-NOR




6. Gerbang-XOR




7. Gerbang-XNOR




Artikel ini masih sangat tidak lengkap, saya hanya memberikan contoh nama gerbang logika dan simbol-nya saja, sebenarnya masih banyak deskripsi lainnya, seperti fungsi, tabel kebenaran, dan cara penghitungannya, tetapi tidak saya cantumkan. Silahkan mencarinya sendiri di Google sudah banyak temen-temen yang menulisnya. Mari kita rajin belajar, agar mendapat nilai raport yang baik. :D


Advertisement

{ 8 Comments... read them below or add one }

BLOG-SANTAI said...

kalo gak salah simbol2 di atas kok mirip komponen elektronika, *ntah apa namanya* lupa :)

Hhee.. Jadi ngawur nih

Dwi said...

Iya sob, memang ada yang mirip kayak LED, transistor gitu.. :D

Meutia Halida Khairani said...

teringat mata kuliah arsitektur komputer kalo ngeliat rangkaian ini.. dulu kalo ada soal kayak gini saya bisa jawab. sekarang udah pada lupa..

Tutorial SEO said...

waaahhhhh jadi inget dulu . . . pelajaran ginian saya nilainya gak naik2x alias standar2x ja T_T

Fir'aun NgebLoG said...

ternyata LOGIKA itu ada gerbangnya yach....

thx atas ilmunya :D

DenBaGas said...

Salam
Nice share kawan..
Menambah pengetahuan dari gerbang logika ini..

Salam kawan

Tri Setyo Wijanarko said...

kalo ini sih materi kuliah sistem digital saya waktu semester satu.. sekarang masih sering dipake juga ding untuk bikin robot :D

Desy Malaika cibi said...

Thank ya flend ataz ilmu'a.
Tp ada yg kurang ne,
qu butuh x pnjlasan dri tiap2 jnis gerbang logika nya

Post a Comment