Gondorukem


Advertisement
Gondorukem, aneh banget kayaknya kalau mendengar kata-kata tersebut. Sangar kedengarannya, apa itu gondorukem? Gondorukem itu bukan makanan atau minuman, tetapi gondorukem adalah hasil getah dari batang pohon pinus yang disadap dan diolah/disuling sehingga menjadi terpentin. Wujud gondorukem berupa bongkahan-bongkahan kuning padat seperti gula batu, tapi jangan coba-coba dimakan lho ya, bisa 'mendem' nanti..

Gondorukem
Wujud dari gondorukem

Banyak sekali kegunaan gondorukem antara lain sebagai bahan pelunak plester serta campuran perban gigi, campuran perona mata (eyeshadow) dan penguat bulu mata, sebagai bahan perekat warna pada industri percetakan (tinta) dan cat (lak), juga digunakan sebagai bahan campuran untuk timah solder.


Kalau para tukang servis keliling seperti saya biasanya menggunakan gondorukem yang masih berbentuk bongkahan untuk menyolder, cara pemakaiannya cukup mudah yaitu solder panas ditempelkan ke gondorukem dulu baru dipakai menyolder, mak nyuss.. nyuss.. bunyinya. Tujuannya adalah agar timah solder cepat menempel dan menyatu dengan jalur pcb atau kaki komponen. Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya istilah gondorukem memang identik dengan bengkel elektronik hhh..

Advertisement

{ 10 Comments... read them below or add one }

azhar said...

nyuss.. nyuss bunyinya...hehe...singgah sini Dwi...cuma mau ucap Selamat AidilAdha...

Dwi said...

sama-sama mi, selamat raya haji juga..

Nugs said...

Gondorukem teringat akan baunya yang khas

Belantara Indonesia said...

kok aku pernah denger nama ini? lupadimana...makanan jogja ya mas bro?

Imtikhan said...

Salam Sahabat
Berkunjung untuk silaturrahim sekalian Mengucapkan Hari Raya Idul Adha

Ipin's cool said...

gondorukem emang asing nih namanya baru dengerr nihh..kalo buat solder biasanya namaya BORAX apa sejenis dgn gondorukem juga yaaa

Muza elbanaf said...

baru tw nh sob...., mungkin karena ini bagian dari dunia laki2 ya? Coba kalo dipake bumbu masak pasti aku tw hehehe.....

Anonymous said...

Teman saya minta bantu memasarkan gondorukem dengan kapasitas produksi 100 ton per bulan .... apakah ada yang bisa bantu kemana memasarkannya ? tx wass ..... dany_sebuka@yahoo.com ....jakarta ...

Anonymous said...

apa Gondorukem itu sama dgn Siongka buat nyolder....??

Rizal Wae said...

di toko elektro jual gondorukem jga pa gak gan?

Post a Comment