Definisi Psikologi


Advertisement
Selamat malam temen-temen, postingan ini agak berbeda, tidak seperti biasanya yang selalu membahas tentang elektronika atau komputer, kali ini yang akan kita omongin adalah definisi psikologi, ya psikologi adalah ilmu yang menyangkut pada kejiwaan kita. Sangat penting untuk kita memperhatikan kesehatan dari segi mental atau psikis, karena kata dokter kalau mental kita terganggu otomatis juga akan berpengaruh terhadap keadaan fisik kita.

Dan waktu itu saya juga pernah mengalami sakit dimana kondisi saya benar-benar depresi, dampaknya sangat terasa,  hidup seperti kehilangan semangat, badan lemas, sering demam/sakit-sakitan, ga nyaman banget pokoknya, semua bersumber dari pikiran yang lagi stress. Untung waktu itu dokter menyarankan agar saya berjumpa dengan pakar psikologi untuk menjalani therapy, dan alhamdulillah keadaan saya berangsur-angsur membaik.


Nah, sebenarnya apa sih arti dari psikologi itu sendiri? Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan. Menurut asal katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno Psychē yang berarti jiwa dan logia yang artinya ilmu, sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa (Wikipedia).

Berikut ini arti psikologi menurut para ilmuwan psikologi:
* Psikologi adalah ilmu yang mempelajari adanya jiwa dan kehidupan jiwa.
    (Bigot, Kohnstamm, dan Palland, 1954)
* Psikologi adalah suatu studi sistematik tentang tingkah laku.
    (Garret, 1961)
* Psikologi adalah studi ilmiah tentang kegiatan-kegiatan individu dalam hubungannya dengan lingkungan.
    (Woodworth dan Marquis, 1961)
* Psikologi adalah suatu ilmu tentang tingkah laku organisme.
    (Ruch dan Zimbardo, 1971)
* Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku dan proses-proses mental.
    (Hillgard, Atkinson, dan Atkinson, 1975)
* Psikologi adalah ilmu tentang tingkah laku manusia dan hewan; hal itu meliputi penerapannya pada masalah-masalah manusia.
    (Morgan, King, dan Robinson, 1979)

Untuk itu kalau tiba-tiba diantara kita ada yang mengalami suatu perasaan yang ganjil (pada jiwa) atau sakit-sakitan tanpa sebab dan kebetulan lagi banyak masalah, sebaiknya segera menjumpai dokter/psikolog, siapa tau ada yang ga beres dengan kejiwaan kita. :D

Advertisement

{ 10 Comments... read them below or add one }

Artta said...

wah kalo nyangkut psikologi jadi pusing sendiri sob. urusannya dalem. hehe.



salam.

Dwi said...

jangan diambil pusing sob, haha..

agusw said...

kalo gitu... Sakit Psikologi, berarti 'sakit jiwa'
Hehehee

malem sob, eh pagi.. Udah hampir jam 1 dinihari soalnya :)

Belantara Indonesia said...

ya spt misalnya bahwa sakit itu dari perasaan, jika slow jadi bisa membaik dengan sendirinya...semoga bner...hehheehe

Bali Property said...

bahaya juga kalo ampe sakit gangguan kejiwaan, harus segera ditanyakan ke bidangnya ahli psikologi. biar tidak terlanjur/ tambah stres.
Bali Villas Bali Villa

Rizky2009 said...

dulu waktu selesai SMA aq punya rencana kuliah ambil jurusan psikologo, tp sayangnya ati karep bondo cupet, jd g jd kuliah deh

'Ne said...

salam..
terima kasih infonya hehe.. kebetulan saya suka dengan hal2 yang berbau psikologis :-)

Dwi said...

@ Agussw: bisa dibilang begitu sob. walau banyak pasien yang tersinggung kalau dibilang sakit jiwa.

@ Belantara Indonesia: bener mas, perasaan berpengaruh juga terhadap fisik kita.

@ Balli Property: Iya mas, yang namanya sakit lebih baik segera ditangani.

@ Rizky2009: sama kayak saya mas, jadinya kuli ah, hehe..

@ 'Ne: salam kembali, untuk nambah pengetahuan aja sob.

Sukadi Brotoadmojo said...

kalau mau ke psikolog malah takut Mas, nanti kalau divonis punya kelainan malah repot he.he

wits said...

ngomongin psikologi. Jd pas rasanya dg keadaan rakyat indonesia kebanyakan, yg klo di liat di media elektronik, byk sekali tindakannya yang amoral. Tak sewajarnya dilakukan. apa yg namanya iman sudah mulai luntur? ato memang zamannya udah edan? Entahlah...

salam kenal

Post a Comment