Cara Cangkok Flyback Monitor


Advertisement


Mungkin kita pernah mendengar istilah cangkok flyback atau cangkok fbt, tapi sebenarnya apa sih maksudnya? Cangkok yang dimaksudkan disini bukan cangkok pohon mangga atau mlinjo lho ya, cara cangkok flyback monitor bermaksud mengakali flyback pada monitor yang sudah tidak dapat dipakai atau kinerjanya sudah lemah agar dapat kembali bagus, cara ini hampir sama dengan cara cangkok fbt tv.

Dalam dunia teknisi sebenarnya yang disebut cangkok sendiri ada bermacam-macam, ada cangkok fokus yaitu mengakali agar flyback yang sudah rusak atau vr fokusnya melar disaat panas, cangkok capasitor, yaitu mengganti capasitor anoda pada flyback dengan cara mencangkokkannya, dan juga cangkok heater, kalau cangkok heater ini tujuannya untuk menaikkan tegangan heater/filamen monitor (6.3 volt) untuk menambah kecerahan layar monitor akibat dari crt yang sudah gelap.

Yang akan kita bicarakan disini adalah cara-cara mencangkok flyback monitor untuk focus rusak,  langkah-langkahnya seperti berikut:
* Buka monitor.
* Buka pin focus flyback dan kop HV yang masuk ke crt.
* Lepaskan kop karet HV dari kabelnya.
* Siapkan flyback yang akan dipakai untuk mencangkok.
* Buka kop HV dari kabaelnya (kabel ini nanti akan digabungkan dengan kabel HV dari monitor yang akan dicangkok).
* Groundkan semua pin flyback (semua pin flyback ditekuk dan disolder menjadi satu kemudian disambung dengan ground crt).
* Buang ferit flyback (batang ferit flyback tidak terpakai, jadi bisa dibuang atau biarkan saja).
* Gabungkan kedua flyback dengan cara menggabungkan kabel HV flyback yang dipakai untuk mencangkok pada flyback yang rusak, kemudian solder manjadi satu dan masukkan kembali kop HV kedalam crt.
* Gantikan kabel focus, kabel focus flyback yang rusak dilepas dan diganti dengan flyback yang dipakai untuk mencangkok.
* Yang terpenting yaitu groundingkan flyback dengan body dan crt, agar tidak short.
* Selesai.

Jadi sekarang vr focus yang berfungsi adalah pada flyback baru yang dipakai mencangkok tadi, dengan cara ini maka vr focus yang sudah rusak dapat tergantikan.

Advertisement

{ 3 Comments... read them below or add one }

Common Cyber said...

Saya gak berani praktek. Nani bisa-bisa tambah parah.
Mending bawa ke dokternya aja deh.
Hehehehe

HadiStema said...

Betul bro...

Anonymous said...

wah cangkok flyback rumit juga,mending cangkok pohon mangga ajalah itupun belum tentu jadi? he.he.he.tapi buat admin saya do'akan biar tuhan menambah ilmunya coz karena udh bagi2 ilmunya buat kita2....

Post a Comment