Bukit Pathuk Dan Irung Petruk


Advertisement
Dari arah Yogyakarta menuju ke daerah Gunungkidul akan melewati jalanan yang menanjak dan berliku, menuju tanjakan Bukit Pathuk. Dari puncak Bukit Pathuk bisa dilihat pemandangan kota Yogyakarta yang dikelilingi area persawahan dan disebelah barat daya berdiri megah Gunung Merapi. Sungguh indah pemandangan sore hari dilihat dari bukit Pathuk, dan bila malam tiba maka terlihat kelap-kelip lampu di kota Yogyakarta, hmm.., jadi ingin cepat pulang ..

Jogja dilihat dari Bukit Pathuk


Jogja diwaktu malam-dari Bukit Pathuk
Disepanjang Bukit Pathuk jalanannya berliku-liku, tepatnya dari arah Piyungan (wilayah Kabupaten Bantul) sampai ke Bunder (wilayah Kabupaten Gunungkidul) akan melintasi jalanan yang menikung dan berkelok-kelok. Jalanan menanjak yang berkelok-kelok ini disebut 'Tikungan Irung Petruk', mungkin karena bentuk jalannya mirip dengan hidungnya sang Petruk dalam tokoh pewayangan ya, jadi dinamakan Irung Petruk. Mengendara dijalanan ini sering membuat para penumpang bis mabuk darat :D.

Tetapi sekarang tikungan Irung Petruk tinggal kenangan, tikungannya yang tajam sudah dipotong karena adanya pembangunan jembatan oleh pemerintah, sehingga Irung Petruk seperti kehilangan ciri khasnya, hidung sang Petruk yang dulunya 'mancung' kini sudah menjadi Petruk yang berhidung 'pesek'.. :D

Tikungan Irung Petruk


Kalau ini gambar Petruk Beneran..
Tokoh punakawan Petruk-dalam pewayangan


Advertisement

{ 14 Comments... read them below or add one }

Belantara Indonesia said...

Dari tempatku ke arah Janti kekanan bablas...sampe jalan wonosari...mak bluss..sampe Irunge Mbah Petruk...iang wes...

Fir'aun NgebLoG said...

pengen juga tuch mampir ke jogja, sekalian ke bukit itu. tapi... di jogja aku ga punya spa-spa, jadi ga ada tujuan dech :'(

ingin tahu said...

wah irung petruk sekarang dah dipotong diberi jembatan.....konon karena banyak kecelakaan yang terjadi di sana makanya sekarang di beri jembatan baru yang membelah pangkal irung petruk.....tapi jalanya sendiri sekarang masih ada kok...jadi masih ada tu yang namanya bukit irung petruk....

Dwi said...

@ Belantara Indonesia: kapan-kapan main mas,, ketempatku. ngelewati iang Petruk haha..

@ Fir'aun NgebloG; Mampir ketempatku aja kang.. :)

@ ingin tahu: o iya ko,, cuma bi bypass aja ya.. :D

Tri Setyo Wijanarko said...

hadoohhh.. aku wes tau ndlosor neng irung petruk mas sektiar tahun2005/2006.. gara-gara di jalan itu ada ceceran oli dari bus di depanku, begitu belok langsung deh ndlosorrr.. aku sih nggak apa-apa, cuma motornya langsung ganti knalpot karena ringsek.. hue..huee...

udah lama nggak lewat sana karena memang udah nggak tinggal di jogja, kemaren waktu lebaran lewat jadi rame ya itu di bukit pathuk. jadi banyak tempat-tempat makan di bukit itu..

pakeko said...

Kalo mbah saya di Siyono mas.Jadi irung petruke wis pesek to? Apa mungkin itu ya yang membuat Mbah Petruk murka?

Sukadi Brotoadmojo said...

Dulu saya pernah lewat sini mas, waktu mau ke Pantai (BKK), jalannya sedikit mengerikan, kalau tidak hati-hati bisa terperosok he.he
Tapi pemandangannya indah kok, asyik... :)

siti said...

waduhh..aku juga pengen pulang jadinya..hehehe.
mantap tuh di bukit pathuk kalau malam..

@pakeko : ah..mosok karena hidungnya pesek jadi murka?

Tip Trik Blogger said...

salam sahabat
gambarnya bagus sob, jadi pengen kesana.

ChugyGogog said...

Saya belum perneh ke tempat yang dimaksud jalan irung petruk...Sebenarnya sayang juga kalau jalan yg sudah bnyak dikenal trus di renopasi hingga tidak terlihat dasar jalan tersebut...!!!

bintangair said...

pengen ke jogja
khususnya bantul
ada temen yang udah lama banget ga ketemu
hiks
kangen euy

attayaya mobil keluarga said...

tahun kemaren lewat bukit pathuk dan irung petruk

Dwi said...

@ Tri Setyo Wijanarko: sudah berkenalan juga dengan irung petruk ya mas.. haha., temenku malah meninggal dalam tabrakan maut ditempat itu mas.

@ Pakeko: oh dekat tempat saya, semoga saja tidak ada hubungannya pak..

@ Sukadi Brotoadmojo: iya mas, memang berbahaya jalanannya, makanya dibangun jembatan.

@ Siti: yup, jadi pengin mudik.hhh..

@ Tip Trik Blogger: iya sob, dapat nemu dari mbah Google.

@ ChugyGogog: iya sob, jadi sepertinya hilang keunikannya.

@ bintangair: hayo siapa tuh, pakai kangen2an segala.. :D

attayaya mobil keluarga: wah jalan-jalan ya mas.

nasi thiwul lover said...

pantesan..
akhir2 ini aku sering ke gunungkidul lewat bukit pathuk kok kayaknya gak pernah nemu tikungan yg mirip irung petruk.

padahal penasaran, katanya ada yg namanya irung petruk.. tapi kok semua tikungannya hampir sama semua, gak ada yg mencolok... ternyata irung petruknya dah jadi pesek, hehe alhamdulillah deh.. jadi gak gitu serem :D

Post a Comment