Arti Lambang Keraton Yogya


Advertisement


 Arti dari lambang keraton Yogyakarta, lambang keraton Yogya memiliki arti sebagai berikut:

Arti lambang keraton Yogya, aksara jawa "ha" dan "ba" singkatan dari "hamengku buwono" atau memangku/mengayomi bumi.

Seperti rumah, untuk bisa mengayomi mahkluk yang didalamnya dibutuhkan dinding/selimut (dilambangkan dengan sayap) dan juga atap (dilambangkan dengan mahkota).

Artinya, keraton/pemerintahan jogja (zaman dulu) ada untuk mengayomi rakyat.

Mahkota juga sebagai lambang pemikiran/pemerintahan/kepemimpinan, sedangkan sayap sebagai lambang perlindungan/pemeliharaan menuju tatanan kehidupan yang baik. Referensi: answer.yahoo.com

Lambang Keraton Yogya
Lambang Keraton Yogya


Advertisement

{ 14 Comments... read them below or add one }

Belantara Indonesia said...

lambang oke, cuman sekarang Herjuno Derpito ( Hamengku Buwono X ) tak lagi Sultan Banget, gak kayak HB VIII, Gubernur sih..hehehhehe....

Blantik Sapi said...

AWW Kang,
baru ngerti sekarang kang arti dari lambang ini. Walo saya orang Jatim, saya juga merasakan yang sama dengan Kang Adit, bahwa yang sekarang ini kayaknya lebih condong sebagai seorang gubernur

Tip Trik Blogger said...

salam sahabat
baru tahu aku sob....

Common Cyber said...

@ Mas Blantik: emang bedanya pemerintahan sebgai gubernur ama sultan apa mas?
Maklum saya gak terlalu paham. belum pernah ke jogja. hehehe

Bumi Al Fattah said...

Jujur, saya baru tahu nih. Maklum gak terlalu mengenal Jogja.
Oh ya, ngomong2 sekarang kan sultan sudah sampai ke X. Keratonnya sendiri berdiri sejak tahun berapa?

Ferdinand said...

Sepertinya sampe sekarangpun masyarakat Jogja masih menghormati keraton ...wah padahal dulu aku punya nie buku tentang keraton cuma sayang udah gak tau dimana hhe...

makasih udah di share Sob..

happy blogging n met liburan :P sorry telat

bintangair said...

wah makasih infonya mas
ga pernah tau sih..

azaxs said...

saya sering ngliat tapi ga pernah tau artinya..hehe

Anonymous said...

lambangnya kayak burung terbalik..

Unknown said...

Owh jadi artinx begitu tow, bru ngeh skarang ! Malu juga kalau sbagai org jogja asli gak tau, ! Jogjaku tetep Istimewa !

ZIDAN said...

Jadi pengen kembali pulang kekotamu (ngayogyakarta hadiningrat)

Anonymous said...

jd kangen pengen pulang ke jogja

ikhsan hadiwijaya said...

yang di perlihatkan diatas itu masih lambang kraton dibawah kepemimpinan HB III mas,, yang sekarang udah HB X, dilambangkan dengan jumlah bulu sayap di setiap sisinya,..jadi yang sekarang ada 10 bulu sayap salam satu sayapnya, untuk melambangkan HB X

petrazecca said...

ada satu lagi mas,, jumlah ujung sayap si setiap sisi sayap melambangkan urutan tahta Hamengkubuwono, jadi untuk lambang diatas itu masih lambang keraton dibawah tahta HB VIII, karena jumlah ujung bulu sayapnya ada 8 di tiap sisi sayap.. kalau yang sekarang udah 10..

Post a Comment