Pengertian TV Plasma


Advertisement


Seiring dengan berkembangnya jaman sepertinya orang juga terus mengembangkan teknologi kearah yang lebih maju. Kalau waktu aku kecil dulu orang biasa menonton TV hitam putih, itupun tidak semua rumah memiliki TV, kalau nonton TV biasanya ngumpul ramai-ramai kayak nonton layar tancap. Tapi sekarang ini TV bukanlah suatu hal yang mewah lagi, bahkan era TV CRT sudah mulai digantikan dengan TV LCD, TV LED, TV plasma, sampai ke handphone juga ada TV-nya. Mungkin di masa yang akan datang masih ada teknologi yang lebih canggih lagi, yang akan memberikan fasilitas dan kenyamanan lebih baik bagi pengguna.

Pengertian TV Plasma
Kembali ke topik pembahasan, apa yang di maksud TV plasma? Plasma sendiri adalah istilah ilmiah yang mengacu pada gas seperti lampu neon dan xenon yang menyala jika terkena sinar listrik. Prinsip kerja layar plasma hampir sama seperti sebuah lampu neon. Dalam layar televisi terdapat ribuan titik gambar kecil yang di sebut pixel, di dalam televisi berwarna, sebuah pixel terdiri dari tiga warna yaitu merah, hijau, dan biru. Di dalam TV plasma pixel terdiri dari penggabungan gas neon atau xenon, dalam satu layar TV plasma terdapat ratusan ribu pixel, tiap-tiap pixel ini terjepit oleh pelat bermuatan listrik, jadi apabila pelat tersebut di aliri arus listrik maka plasma akan bersinar.Ringkasnya, plasma ini akan di gabungkan dengan rangkaian tuner TV dan komponen-komponen audio-video lainnya sehingga dapat menangkap siaran TV dan menampilkan gambar pada layar yang dapat kita lihat dengan mata.

Gambar TV plasma dan LCD monitor

Gambar di atas adalah contoh dari TV plasma, yang ada di lantai dengan body besar-besar itu, kalau yang di rak itu monitor LCD (ya iyalah, semua juga tau..). TV plasma tersebut adalah di antara pasien-pasienku yang harus rawat inap di bengkel, karena habis menjalani pembedahan.

Advertisement

{ 16 Comments... read them below or add one }

ingin tahu said...

wah2 ....... !!! berat nih....hmmm

Dwi said...

iya ko,, sampai di amputasi segala tuh.. :D

joe said...

munculnya tivi plasma membuat tv lama menjadi murah...

Dwi said...

iya mas,, di sisi lain juga menguntungkan konsumen.

Djangan Pakies said...

ternyata dokter bedah monitor ya Kang wah mangstab, ilmunya bisa di share di sini. semoga memberikan kemanfaatan bagi kita semua

bukanblog said...

kenapa sih um TV plasma kok gambarnya baru enak diliat dari jauh?
salam kenal dari saya yang masih nyubie ya um

Hanya Seorang Sahabat said...

aku bisanya ngomong tipi bkn tivi sob xixixi...

qsew said...

kayaknya tv plasma itu masih mahal yaa
mending tv flat aja murah meriah

Tip Trik Blogger said...

model baru ya sob?

Saung Web said...

Halah baru tahu nih sob.. thnk banget atas infonya ya

Link Tea said...

Siang ini ambah lagi ilmuku sob.. makasih banyak deh

Anton wijaya said...

Hajar tv plasma itu sobat, sampai babak belur, eh.. maksudnya sampai sehat dari pembedahan.

Muza elbanaf said...

sugeng siang dok....
Weleh..dokter bedah to? Hehe
walo sering liat tp br tau dalamnya.
Tengkyu...

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia said...

pengen beli nih :)

Dwi said...

@ bukanblog: karena TV plasma pixel-nya lebih kasar daripada TV biasa, dan ukuran layarnya yang besar juga lebih sesuai kalau di lihat dari jarak pandang yang jauh.., :D

Dwi said...

@ all sobat: Tengkyu-tengkyu..., sudah berkunjung dan koment :D

Post a Comment