Pengertian Catu Daya


Advertisement


Pengertian catu daya secara umum, catu daya adalah suatu sistem filter penyearah (rectifier-filter) yang mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC murni. Banyak rangkaian catu daya  yang berlainan yang dapat digunakan untuk pekerjaan tersebut. Komponen dasar yang digunakan untuk rangkaian yang lebih sederhana adalah transformator, penyearah (dioda), resistor, kapasitor, dan inductor. catu  yang diatur secara lebih kompleks dapat menambahkan transistor atau trioda sebagai pengindra-tegangan dan pengontrolan tegangan, ditambah dengan dioda zener atau tabung VR untuk menyediakan tegangan acuan (reference). Sistem penyearah sendiri dibagi menjadi dua, yaitu penyearah setengah gelombang dan penyearah gelombang penuh. 

Begitulah kurang lebih pengertian/definisi catu daya secara ringkasnya. Gambar dan skema tidak dapat di sertakan sekarang, karena pada saat aku menulis artikel ini blogger sedang ada maintenen. Btw ini adalah postingan terpendek yang pernah kubuat,, he hee..

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

om rame said...

jadi inget jaman waktu sekoLah duLu, saya sekoLah STM jurusan otomotif tapi kaLau mempeLajari tentang keListrikan banyakan enggak mudengnya.

Post a Comment