Padi Dan Ilmu Padi


Advertisement
Apa Itu Padi
Padi adalah salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Meskipun terutama mengacu pada jenis tanaman budidaya, padi juga digunakan untuk mengacu pada beberapa jenis dari marga (genus) yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar. Produksi padi dunia menempati urutan ketiga dari semua serealia, setelah jagung dan gandum. Namun demikian, padi merupakan sumber karbohidrat utama bagi mayoritas penduduk dunia. Hasil dari pengolahan padi dinamakan beras.(Wikipedia)

gambar padi
gambar padi

Ilmu/Falsafah Padi
Ibarat tanaman padi, semakin tua semakin berisi dan merunduk, kita sebagai manusia patut mencontoh falsafah atau ilmu padi tersebut. Semakiin banyak pengetahuan dan pengalaman yang kita miliki hendaknya kita semakin bisa mengendalikan diri agar tidak sombong dan angkuh.


Kadang ada seseorang yang baru memiliki kelebihan atau kepandaian sedikit saja sudah sok pamer, sok menggurui, padahal kemampuan yang di milikinya tersebut mungkin hanya secuil saja. Dan orang yang benar-benar memiliki ilmu pengetahuan/berisi biasanya lebih suka rendah hati dan tidak mengumbar kepandainnya. Dia hanya akan menggunakan kepandaian tersebut pada tempat yang semestinya.

Jadi, padi selain sebagai kebutuhan pokok kita untuk di konsumsi sehari-hari juga memiliki falsafah yang sangat baik untuk di contoh, ilmu padi: semakin berisi semakin merunduk.

Advertisement

{ 4 Comments... read them below or add one }

Akulah Sahabatmu said...

keren neh artikel.. thx sob, sukses slalu. slm sahabat.

aji said...

istilah ilmu padi ini telah di turunkan sejak nenek moyang,,,,,, tapi kita sekarang seakan melupakannya.... Nice artikel....

Yohan Wibisono said...

Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

beritaku said...

tapi kayaknya makin jarang saja orang yahg mengamalkna ilmu padi ini ya?

Post a Comment