Jenis Jenis Kerusakan Monitor


Advertisement
Jenis jenis kerusakan monitor yang sering di jumpai akan saya coba kumpulkan di sini secara ringkasnya saja, karena kerusakan pada monitor sangat beragam, bergantung pada merk dan umur dari monitor tersebut. Selain kerusakan monitor CRT, saya akan menyinggung sedikit mengenai kerusakan yang terjadi pada monitor LCD, ini di karenakan monitor LCD sekarang sudah mulai memasyarakat, dan tidak menutup kemungkinan akan ada yang mengalami kendala-kendala kerusakan nantinya.

Kerusakan umum pada monitor CRT 
1. Mati total, pengecekan awal bisa di lakukan pada daerah power supply, tegangan output trafo converter, dan blok horizontal. Kerusakan  ini bisa di sebabkan oleh fuse AC power yang putus, kerusakan pada power supply, kerusakan pada salah satu tegangan DC converter, atau pada blok horizontal output.

2. Monitor tidak ada gambar, bisa melakukan pengecekan pada daerah osilator, blok horizontal, blok video, melakukan pengecekan tegangan DC secara menyeluruh, dan melakukan solderan ulang pada bagian-bagian yang mengalami panas tinggi, seperti blok horizontal dan video.

3. Tampilan warna gambar tidak lengkap, seperti gambar kuning atau merah. Ini bisa di sebabkann oleh kerusakan pada kabel signal/VGA, dan juga pada bagian blok video. Periksa solderan pada blok video, dan cek apakah ada komponen yang mati/rusak.

4. Gambar gelap, ini bisa di sebabkan dari tabung/CRT yang sudah terlalu lama di pakai (usia CRT tua), sehingga filamen CRT sudah lemah, bisa di akali dengan mencangkok tegangan heater 6.3 volt, dengan cara menginduksikan tegangan heater pada trafo FBT atau trafo converter. Gambar gelap bisa juga di sebabkan oleh kerusakan pada elco/capasitor heater.

5. Size gambar tidak normal, bisa terlalu lebar atau kecil di tengah, biasanya di sebabkan karena transistor pada bagian horizontal rusak.

6. Dan masih banyak lagi, nanti di posting lanjutannya.

Untuk mengetahui contoh-contoh kerusakan monitor CRT bisa melihat:
* Kerusakan monitor Compaq dan HP
* Monitor tidak ada gambar
* Kerusakan monitor Dell M781

Jenis kerusakan pada monitor LCD
Opps.., maaf karena keterbatasan waktu untuk jenis-jenis kerusakan pada monitor LCD akan saya posting belakangan, kalau Anda berminat bisa melihat contoh kerusakan monitor LCD di:
* Kerusakan pada LCD monitor Dell E151FPB

Advertisement

{ 11 Comments... read them below or add one }

Merapi Dan Mentawai Kini said...

Halah saya perlu yang untuk LCD bos.. diunggu postingannya ya

Link Tea said...

Saya pernah mengalami mati total sob.. tapi setelah diservce sama ahlinya sekarang ok lagi..

Fir'aun NgebLoG said...

klo saya sich pas LCD mati total, ya langsung di LEM BIRU aja tuch [dilempar dan beli baru] :D hehehe,,,,

Tukang Gosip said...

wah dapet ilmu baru nich...thanks berat infonya, kasian tuh monitor nya tukang gosip error mulu, hehe

Tip Trik Blogger said...

info yang bermanfaat...
saya simpan dulu
makasih sebelumnya

Artta said...

Sip mantab sob. Bisa dijadikan referensi.


Salam.

joe said...

ngakak untuk komennya Fir'aun tentang LEM BIRU.... he he...

Rizky2009 said...

kalau memperbaiki monotor aq masih takut sob, inget temen sekampus aq dulu pas praktek memperbaiki monitor, ia kesetrum mp terpental kurang lebih 1 meteran padahal monor dah mati / g tercolok ke listrik

Blogger Pemula said...

Trims..bwt infonya.

Saya mau tanya nih...apa benar mitosnya klo monitor digital tidak usah dimatikan dari monitor tp langsung dengan mencabut kabel powernya, berbeda dengan monitor analog yg cukup dimatikan dr tombol powernya. Katanya jika monitor digital seperti sekarang ini jika sering dimatikan lewat tombol powernya playback-nya bs jd korban, bener g tuh?

Saya juga sudah beberapa kli mengalaminya tp masih ragu kebenarannya, jangan2 hanya gara2 listrik yg tdk stabil

Trims. Salam Persahabatan. Blogger Pemula

Ditunggu kunjugannya. :)

Dwi said...

@ Blogger pemula: wah,, kalau masalah playback kayaknya ga ada pengaruh dengan power sob, playback kan untuk tegangan tinggi ke CRT. Jadi kalau monitor standby playbacknya tidak bekerja.

Kalau menurut saya monitor digital di matikan lewat tonbol power itu ga apa apa.

aritopan's said...

bagai mana cara pengecekkannya

Post a Comment