Syarat Belajar Main Gitar


Advertisement
Kalau Anda ingin belajar main gitar atau baru belajar main gitar  apa saja syarat-syarat yang perlu diketahui? Sebenarnya simpel saja, menurut saya belajar main gitar itu tidak harus membutuhkan kemahiran tinggi, yang penting kita ada kemauan pasti lama kelamaan bisa dengan sendirinya. Dengan banyak belajar tentunya. Kurang lebih berikut ini syarat belajar main gitar secara umum bagi pemula (seperti saya).

1. Mempunyai gitar, bisa akustik maupun listrik.
2. Bisa meyetem gitar. Nah, ini yang kebanyakan ga diperhatiin, boro2 stem gitar, belajar aja belum bisa2 :)
3. Buku lagu yang berisi chord atau kunci gitar.
4. Ada kemauan untuk belajar main gitar

Belajar dulu dari tahap dasar yaitu dengan menghafal kunci-kunci gitar. Dari yang mayor dulu, kalau sudah hafal bisa diteruskan ke minor, dan selanjutnya kunci balok. Kemudian diteruskan belajar menyesuaikan permainan gitar dengan lagu yang dimainkan, 'genjrengan' istilahnya. Penyesuaian ini penting, agar permainan gitar dengan lagu bisa serasi dan seirama, tidak fals. Dengan belajar secara rutin pasti lama-kelamaan Anda akan terbiasa dengan gitar, bahkan kalau satu hari saja tidak memegang gitar rasanya kurang lengkap. hi hii, met belajar ya.

Advertisement

{ 3 Comments... read them below or add one }

wits said...

Ada satu lagi Mas syaratnya, harus berlatih biar suaranya gak sumbang. Kan gak lucu klo genjrengan gitarnya ok, tp suaranya fals. Pengalamanku ya, klo kita main gitar itu enaknya kita juga yang nyanyi jadi semangat maen gitarnya. Nah, yg jd masalah adalah gak tiap orang punya suara yang merdu. Meski dilatih berulang-ulang, tp klo pita suaranya ngepas, tetep aja jelek. Ada ide gak gmn pita suara kita merdu, gak fals gitu, hehe...thanks

Dwi said...

ya, menyesuaikan suara dengan irama gitarnya itu penting, memang enaknya kalau untuk belajar ya kita sendiri yang nyanyi sambil main gitar, karena main musik dalam group lebih susah daripada kalau kita main sendiri.

Kalau masalah suara ga merdu itu tidak apa2 menurut saya, malahan itu bisa menjadi ciri khas kita dalam bermusik. Contohnya seperti penyanyi-penyanyi yang awalnya di ejek karena suaranya jelek, eh tapi malah jadi makin populer.. :D

belajar main gitar said...

hmmmmm, sharing tentang gitar ya Mas, ngomong2 kebetulan sekali saya juga lagi seneng banget belajar gitar, apalagi klo otodidak bisa ngembangin sesuai kreasi, salam kenal…..

Post a Comment