Proses Update BIOS Pada Laptop


Advertisement
Proses Update BIOS Pada LaptopProses Update BIOS Pada Laptop. Basic Input/Output System (BIOS) bertujuan untuk memberi graphical user inteface (GUI) atau antarmuka kepada firmware komputer Anda. BIOS diperlukan untuk memastikan hardware computer anda seperti processor, graphic card, audio controller, dvd drive berfungsi dengan baik.

Pengeluar komputer biasanya akan menyediakan update pada bios komputer atau laptop Anda untuk memastikan komputer anda lebih stabil dan bebas dari bugs. Apabila komputer atau laptop anda mengalami masalah seperti overheat atau cepat panas, audio tidak berfungsi, dvd drive gagal berfungsi, dvd drive tidak dapat di pakai untuk burn cd, masalah graphic atau display, disarankan  membuat bios update terlebih dahulu sebelum Anda bawa ke tukang servis  komputer. Kalau nasib baik, masalahAnda akan selesai dan bisa menghemat keuangan dan waktu Anda.

Peringatan: Update BIOS bermakna Anda akan flash bios lama ke versi terbaru. Kegagalan dalam proses mengupdate bios akan mengakibatkan komputer Anda rusak, pastikan Anda tahu apa yang di lakukan dan jika tidak, silahkan minta bantuan teman yang lebih ahli. Sisi Lain tidak bertanggungjawab atas kegagalan dalam proses mengupdate BIOS.

Tutorial ini menggunakan laptop Acer 4736G, Windows 7 64bit. Cara untuk laptop atau komputer lain seharusnya tidak banyak berbeda.

1. Check bios version; ketik dxdiag pada search menu.
Proses Update BIOS Pada Laptop
Dalam screenshot di atas, dxdiag menampilkan versi bios yang terdapat pada laptop InsydeH20 version 2.08.

2. Di website Acer Australia, terdapat 5 update untuk bios laptop Acer 4736G dan versi terbaru adalah 2.08.
Proses Update BIOS Pada Laptop
Sebagai contoh, download BIOS versi terbaru yaitu 2.08.

3. Bios sudah selesai didownload, sekarang saatnya untuk menginstall bios update. Buka file zip yang didownload dan ada dua folder, yaitu DOS dan Windows. Ada dua cara untuk bios update yaitu melalui DOS, Anda harus copy file ke dalam bootable disk kemudian run file .bat pada dos, atau hanya perlu run executable files (.exe) dari dalam windows.
Proses Update BIOS Pada Laptop
Menurut saya, cara yang paling mudah adalah update bios melalui windows.

4. Jika Anda sudah siap untuk update bios melalui windows, double click pada file .exe yang berada di dalam folder windows.
Proses Update BIOS Pada Laptop
Perhatikan versi bios yang ingin Anda update. Jika versi current bios adalah tidak sama dengan new bios, Anda perlu tekan OK untuk memulakan bios update.

5. Pastikan bateri laptop berfungsi serta sambungan daya listrik pada laptop Anda tidak ada masalah. Silahkan tutup semua processes lain pada Windows explorer.

6. Setelah bios diupgrade, laptop anda akan direstart, dan apabila berhasil masuk ke dalam windows, coba check sekali lagi versi bios pada dxdiag untuk memastikan bios sudah berhasil diupdate.

7. Jika berhasil, selamat saya ucapkan dan semoga beberapa masalah hardware atau laptop slow dan banyak bugs itu sudah selesai.

8. Cara untuk update bios pada laptop lain, selain laptop Acer seperti HP, Dell, Asus, Lenovo, Toshiba, Compaq dll adalah lebih kurang sama dengan cara diatas.

Advertisement

{ 5 Comments... read them below or add one }

Ummiega said...

Alhamdulillah, kita sama pengguna Acer, terima kasih sharingnya. Sangat butuh sekali info seperti ini dan mohon ma'af lahir batin.

Sukadi Brotoadmojo said...

Saya pengguna Axioo dari 3 tahun lalu, sekarang suka restart sendiri... :(
terimakasih sharing ilmunya Mas...

firdaus said...

thanks mas...tapi laptop saya kok tetap troubel ya mas....padahal uda pakek driver baru....

ppob said...

bos mohon bantuan laptop axioo milik saya tidak mau tampil bios

Handara World said...

Kira2 berapa lama ya up date bios nya?

Post a Comment