Perbedaan DVD-R Dengan DVD+R


Advertisement
Pernahkah terpikir apa sih  sebenarnya perbedaan DVD-R dengan DVD+R ? Terutama pada saat mau membeli DVD untuk di burn. Tapi akhirnya asal beli saja karena tidak terlihat adanya perbedaan yang nyata, dan memang kedua-duanya bisa di pakai. Sebenarnya kedua jenis DVD-R dan DVD+R ini tidak mempunyai perbedaan ketara, cuma DVD Drive atau player yang di gunakan untuk burn atau membaca harus sesuai dengan DVD yang dibeli. Contohnya Anda memiliki DVD-R Drive pada PC Anda, maka yang di perlukan untuk burn adalah DVD-R. Tetapi baru-baru ini di ciptakan DVD Drive yang bisa membaca kedua format DVD tersebut yaitu DVD+-R.

DVD-RDVD+R

Perbedaan DVD-R Dengan DVD+R
Sebab nama kedua DVD ini berlainan adalah karena perusahaan yang mengesahkan format DVD tersebut tidak sama. DVD-R adalah format DVD lama yang disahkan oleh DVDForum, satu badan yang menentukan spesifikasi suatu DVD. Sedangkan DVD+R adalah satu format yang lebih canggih yang diciptakan oleh kumpulan Alliance yang terdiri dari beberapa perusahaan electronic raksasa yaitu diantaranya Dell, HP, Ricoh, Sony, Yamaha, dan sebagainya.

Terdapat sedikit perselisihan diantara kedua perusahaan yang memegang format DVD ‘-’ dan ‘+’ tersebut karena DVDForum tidak menyetujui format DVD yang diciptakan oleh Alliance yaitu format ‘+’. Bagaimanapun, agak lucu juga karena diantara pendiri DVDForum dulunya adalah anggota perusahaan dari Alliance sendiri.

Karena itu, kalau mau membeli DVD sebaiknya di sesuaikan saja dengan player PC Anda. Ada yang mengatakan DVD-R cocok untuk menyimpan movie dan lagu, sedangkan DVD+R sesuai untuk menyimpan data-data karena tidak mudah rusak. Selanjutnya pilihan di tangan Anda sendiri.

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

Unik dan Spesial said...

Owh, gitu toh... baru ngeri nih... ehehehe emang sbelumnya ga pnah cari tau, untung ada yng kasih info

azhar said...

tak pernah terfikir...heheheee,info bermanfaat...

Post a Comment