Monitor Tidak Ada Gambar


Advertisement
Secara umum kerusakan pada monitor CRT baik itu 15 inch atau 17 inch kebanyakannya adalah mati atau tidak ada gambar. Penyebab masalah monitor tidak ada gambar ini sangat bervariasi, di sini akan saya bahas secara singkat mengenai kerusakan monitor tidak ada gambar ini.

Berikut beberapa penyebab kerusakan monitor tidak ada gambar ( no display ):

1. Kabel sinyal ( VGA ) rusak

Apabila kabel sinyal rusak, biasanya jika kabel di cabut dari PC, monitor masih menyala, yaitu dengan adanya self tested dari monitor, yang berisi pesan bahwa kabel dari PC di cabut. Kerusakan kabel sinyal ini di tandai lampu indikator ( LED ) pada monitor menyala kuning, pada sebagian model, lampu menyala berkedip atau mati total. Kabel sinyal yang rusak ini dapat di ganti, baik itu memakai yang asli dari modelnya maupun modifikasi dari kabel model lain.

2. Bagian PCB ( Printed Circuit Board ) rusak
Bagian PCB bisa diibaratkan nyawa pada sebuah monitor CRT. Bagian ini terdiri dari beberapa blok, yaitu blok power ( power supply ), blok program, blok osilator, blok vertical, blok horizontal ( termasuk FBT dan HV ), dan blok video. Kebanyakan dari monitor CRT mengalami keerusakan pada blok horizontal, hal ini disebabkan karena adanya panas yang berlebihan dan tegangan tinggi. Komponen yang rusak bisa berupa transistor horizontal, dioda, maupun FBT.
Untuk menguraikan kerusakan tiap-tiap blok pada monitor akan saya bahas pada posting selanjutnya.

3. Bagian CRT ( Catode Ray Tube ) rusak
Kerusakan pada CRT yang sangat umum adalah gambar gelap, karena sangat gelap bisa dikategorikan tidak ada gambar. Kerusakan gelap ini disebabkan karena lamanya umur pemakaian. CRT monitor memiliki batas pemakaian maksimal tertentu, seiring dengan habisnya umur pemakaian CRT maka gambar yang dihasilkan akan semakin lemah / gelap. Tiap model CRT memiliki usia pakai yang berbeda-beda. CRT yang sudah gelap bisa diatasi dengan memanipulasi tegangan heater ( 6.3 volt ), yaitu dengan menginduksikan tegangan heater pada trafo konverter atau FBT. Cara seperti ini dalam dunia teknisi biasa disebut cangkok heater.
Kerusakan lainnya adalah CRT benar-benar tidak mengeluarkan gambar karena salah satu filamen dalam CRT putus, atau CRT mengeluarkan  percikan ( sparking ). Tetapi kerusakan seperti ini sangat jarang di jumpai.

Kesimpulan saya:
Apabila monitor Anda mengalami masalah tidak ada gambar sebaiknya diperiksa dulu mulai dari hal-hal kecil seperti memeriksa kabel sinyal pada PC, dan coba dipukul-pukul dengan tangan, maksudnya jika ada bagian yang renggang atau open solder akan menyala kembali, dan ketahuan rusaknya cuma open solder. Tetapi jika monitor benar-benar mati silahkan kalau mau coba dibenerin sendiri, atau dibawa ketukang servis.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment