Kerusakan Monitor Dell M781


Advertisement
Monitor Dell M781
Pada monitor Dell M781p, M770p, E772p, E771p, dan monitor-monitor yang menggunakan chasis PCB Philips kerusakan yang sering di jumpai yaitu tidak ada gambar ( no display ). Jika di ukur dengan multimeter, voltage yang bermasalah pada B+ 190 volt horizontal.  Di sini akan kita bahas kerusakan monitor Dell M781.

Voltage output dari trafo converter normal, tetapi setelah masuk pada mosfet IRF 634 ( atau yang sejenis ) pada pin D ( output dari mosfet ) voltage tidak mau keluar. Nah, kerusakan seperti ini biasanya yang suka bikin pusing kepala, bahkan di tempat aku bekerja kalau ada kerusakan seperti ini sudah pasti di vonis "mati" ( di ganti PCB ). Ha ha.., kadang aku sempat mikir, dasar manusia maunya yang enak-enak saja, ga mau susah sedikit saja.

Padahal kalau kita konsentrasi dan gunakan otak baik-baik, kerusakan seperti ini ga susah-susah amat. Mari kita selidiki lebih lanjut, pada semua CRT monitor prinsip kerjanya adalah sama, saya rasa ga perlu di jelasin di sini semua sudah pada tau, sekarang yang akan kita bahas adalah pada point utama, yaitu B+ 190volt horizontal yang bermasalah.

MosfetSetelah voltage 190 volt ( B+ horizontal ) masuk pada mosfet pin S, maka untuk bisa keluar melalui pin D harus ada voltage pemicu dari pin G. Sistem ini kerjanya seperti switch elektronik. Apabila pada pin G tidak ada voltage, maka mosfet tidak bekerja, dan otomatis blok horizontal juga tidak bekerja, sehingga monitor tidak mengeluarkan gambar.

Kalau di ikuti, line PCB dari pin G akan melewati sejumlah resistor dan kapasitor couple, sebelum masuk ke B+ drive pada IC osilator ( TDA 4841PS ). Pada kasus seperti ini, sangat mungkin resistor atau kapasitor tersebut mengalami kerusakan. Contoh yang paling sederhana seperti pada gambar berikut, di mana ada sedikit broken pada line PCB, otomatis voltage jadi terputus. Kalau kita kurang teliti broken seperti ini tidak kelihatan, karena bersebelahan dengan kaki heatshink.

PCB Dell M781
Kalau kerusakan masih tidak di jumpai, cek seluruh blok mosfet sampai IC osilator, biasanya kerusakan terjadi hanya di lokasi itu..

Advertisement

{ 6 Comments... read them below or add one }

marshal.fadilah said...

lampu andikator hidip kedip2 gambar ngak ada

Dwi said...

bukan transistor horizontalnya sob?

ingin tahu said...

aku sering banget mendapati kasus seperti itu.....tapi bukan di monitor dell....tapi merk SPC dan sejenisnya....sering banget!!!...kasusnya sama kaki mosfet D gak mau keluar tegangan...judeg pokoknya....jalur gak ada yang putus/broken...kapasitor resistor dah ganti semua...sampe2 transistor untuk drivernya mosfet tsebut dah ganti juga.....osilator apa lagi....tapi gak mau nyala juga....tinggal fbt yang belum ganti....apakah mungkin dari fbtnya....???? prmasalahanya mau ganti fbt susah banget nyari yang sejenis...pada akhirnya aku kmbaliin sama sang pemilik....adakah solusi buat saya sob....ksus sperti itu sering banget....mohon petunjuk....hehhehhehheee panjang lebar...!!!

Dwi said...

waduh,, sedulur seperguruan nih. satu ga bisa biasanya ga bisa semua. Yang terbaru saya temuin tp kalau di monitor dell lho, komponen sekitar FBT RUSAK (IC pernah, Dioda jg pernah).

Kayaknya kerusakan seperti ini juga ada sebab dari bagian depan (program, memory, dan H/V kabel sinyal)

Tapi ada kerusakan seperti ini yang di tambah tegangan 5 volt di kaki IC memory ngedrop, yang ini aku masih angkat tangan.seharusnya di ke-4 kaki itu ada tegangan 5volt kan,

Dwi said...

FBT rusak juga mungkin ko, tandanya kolektor masih normal, G2 ga keluar, kadang kalau di hidupin masih bunyi thik.., gitu.

ingin tahu said...

iya itulah....ic memory teganganya ngedrop....tapi ngedropnya kayak bukan dari power suplaynya...tapi ada sesuatu gitu....aku mau coba ganti fbt blm ada yang sama....mslahnya fbtnya gak pake vr G2..hnya vr fokus doang....pokoknya masih judeg dech....ihihiihhihihhihhiii

Post a Comment