Menyempurnakan Kekurangan Ramadhan


Advertisement
Menyempurnakan Kekurangan Ramadhan. Karena kenikmatan puasa memuncak ketika berakhirnya Ramadhan,maka kalau bisa tentu saja kita mau mendapatkan keberkatan Ramadhan. Hakikatnya, Ramadhan datang hanya sebulan dalam setahun. Mereka yang malas akan tertinggal dan terpaksa menunggu pada tahun berikutnya. Bagaimanapun, kita masih berpeluang meraih pahala dan keberkatan setelah 1 Syawal dengan mengerjakan puasa enam di bulan Syawal. Puasa enam akan menyempurnakan kekurangan Ramadhan yang kita lakukan. Pahala puasa Ramadhan yang dilanjutkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal sama dengan pahala puasa satu tahun penuh, karena setiap kebaikan diberikan ganjaran sepuluh kali lipat.


Sebagaimana sabda Nabi Muhammad s.a.w.: Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa enam hari dalam bulan Syawal, maka orang itu seolah-olah berpuasa setahun penuh. Sementara itu, Imam Ahmad dan An-Nasa'i  meriwayatkan dari Tsauban, Rasulullah s.a.w. bersabda: Puasa Ramadhan (ganjarannya) sama dengan (puasa) sepuluh bulan, sedangkan puasa enam hari (di bulan Syawal, pahalanya) sama dengan (puasa) dua bulan, maka dari situlah bagaikan berpuasa selama setahun penuh.

Membiasakan diri melakukan puasa enam setelah Ramadhan memiliki banyak manfaat, di antaranya: Seperti yang diketahui, semua ibadah sunat adalah untuk menyempurnakan kekurangan dalam ibadah fardhu yang kita lakukan. Begitu juga puasa enam hari pada bulan Syawal yang mana bisa dilakukan mulai 2 Syawal hingga 7 Syawal secara berterusan atau 6 hari secara berterusan dalam bulan tersebut.

Puasa Syawal bagaikan solat sunnah rawatib yang berfungsi sebagai penyempurna dari kekurangan, karena pada hari Kiamat amal fardhu akan disempurnakan (dilengkapi) dengan amal sunat. Ini karena mayoritas puasa fardhu yang di lakukan kaum muslimin memiliki kekurangan dan ketidaksempurnaan. Oleh sebab itu ia memerlukan sesuatu untuk menutupi dan menyempurnakannya.

Advertisement

{ 5 Comments... read them below or add one }

attayaya jadi anak smp said...

ya
banyak juga yang meremehkan ibadah sunat yang banyak hubungannya dengan pusa Ramadhan, dan malah melakukan hura-hura lebaran.

semoga kita tersadarkan semua

Rahasia Belajar SEO said...

Wah keren JUGA nih Tips, Buat Kesempurnaan RAMADHAN, Semoga RAMADHAN Tahun ini, Bisa Kita lewati dengan SEMPURNA .. AKu jadi Follower mu ya!!

Kadri-Blog.Blogspot.COM

Dwi said...

@ mas Attayaya & mas Kadri: Amin,, semoga kita bisa mengamalkannya.
@ mas Kadri: monggo mas, silahkan follow.

Elvindinata said...

oke sip kawan,,,mantabb :)) ,,, ane jadi sadar nih,,hiks hiks,,semoga kita semua berada di jalan-NYa,,amin :)

oempak said...

bener kata attaya, kadang kita meremehkan yg namanya sunat, dan malah melakukan suatu tindakan yg bersifat membuang" yg tidak bermanfaat, smoga saya dan smua org lainnya bs lbh baik lg amiinn...

Post a Comment