Mengganti Lampu LCD Monitor


Advertisement
LCD Monitor, ya sebuah teknologi baru yang perlahan-lahan menggantikan posisi CRT Monitor. LCD Monitor memiliki banyak kelebihan dan kesempurnaan jika di bandingkan dengan CRT Monitor ( detailnya baca di: Pengertian LCD Monitor ). Tetapi LCD Mnitor juga memiliki beberapa kelemahan, salah satu di antaranya adalah pada screen lampunya yang memiliki daya pakai tidak begitu lama ( kurang lebih 2 tahun ).

Nah, bagaimana untuk mengatasi hal ini, apakah LCD Monitor yang sudah kita beli maha-mahal hanya bertahan dua tahun kemudian menjadi barang sampah?  Tidak. Lampu yang sudah rusak bisa kita ganti baru, tapi tentu saja harus memiliki kemahiran dan keahlian untuk melakukannya.

Di sini akan saya ambil contoh LCD Monitor yang paling sederhana dan tidak rewel dalam proses membukanya, yaitu Dell e152fpc. Memang brand Dell terkenal lebih simple dan jika ada kerusakan juga tidak terlalu rumit untuk memperbaikinya.







Pertama buka dulu dong, covernya






Kemudian pisahkan screen panel dengan PCB nya





Siapkan lampu yang akan di pakai untuk mengganti







Nah, pada bagian ini harus ekstra hati-hati, di perlukan ruang bebas debu dan ketelitian yang tinggi, karena lampu LCD sangat mudah patah.





Ambil keluar lampu yang rusak.





Ganti dengan yang baru, tentunya..







Singkatnya, gambar saat menutup cover tidak saya tampilkan. Kalau Anda benar memasangnya, jadi deh.., tuh dah nyala.


Memang di butuhkan ketelitian dan kesabaran untuk mengerjakannya. Kalau di Indonesia sparepart lampu ini kayaknya masih lumayan langka. Silahkan di coba, atau sekedar untuk tambahan pengetahuan.

Advertisement

{ 25 Comments... read them below or add one }

Elvindinata said...

hohoho... siap laksanaken,,,tips keren,, :),, happy blogging kawan :)

Vivieck said...

sippp...tips yg berguna...

Rizky2009 said...

saat ini monitor aq masih menggunakan crt mau beli lcd mdoku belum cukup

Anas said...

wah kerjaan teknisi monitor nih, hehe
udah daftar infolinks blum kawan?

Dwi said...

@ Elvin: ok
@ Vivieck: ok thanks juga kunjungannya
@ Rizky: :) CRT juga udah bagus sob,,
@ Anas: udah tp blogku ini 'denied' aku submit.

Desy said...

Berkunjung sekalian izin Follow ya sob
makasih sebelumnya

imtikhan said...

wah bagus infonya
sayang aku nggak punya :d

download said...

Lum pale LCD sob
masih yang biasa model lama

OEN-OEN said...

thanx infonya sobat

Anonymous said...

sy sdah cba ganti lmpuny tp ttap tdk mau nyala. Ap kapasitorny ad yg harus dganti??
Bila harus,,kpasitor mna yg hrus dganti??

Dwi said...

@ anonim: kerusakannya apa? kalau rusak 'no display' pada LCD monitor itu bermacam-macam kemungkinan. mulai dari blok power sampai inverter.
kalau rusak kapasitor biasanya terlihat dari bentuk fisik kapasitor itu sudah menggembung.

Anonymous said...

Dimana dapat beli lampunya & kisaran berapa harganya?

Anonymous said...

harga lampu backlight kir2 brp y?

Bayu said...

om om harga lampunya kira" berapa y ?

Anonymous said...

bos harga lampunya berapa ya

illupi said...

tanya gan,moni dell ane tipenya kalo gak salah e1017w pd menunya kok gak bs disetting ya,tiap ane pencet muncul gambar gembok,pdhl kemaren malem bs ane setting,trus ane coba pake drivernya gak muncul monitor.exe nya kira2 napa ya gan thks jwbannya ane tunggu

Dwi said...

@ illupi: Kalau monitor pada menunya muncul gambar gembok/ terkunci biasanya cuma masalah menu yang terkunci/ lock.

Menu lock bisa dibuka dengan menekan dan tahan tombol 'menu' selama beberapa saat (kurang lebih 5 detik). Kalau benar masalahnya menu terkunci, dengan cara ini menu sudah kembali normal/ dapat disetting.

Anonymous said...

harga lampu nya berapa gan..? itu bisa cm bli lampu aja ato harus ama inverternya? toko mana yg jual gan.?? lcd ku lampu nya mati,gosong dan putus di salah satu ujungnya...,makasi sebelumnya atas infonya ..

Dwi Jo said...

@ Anonymous: Kalau harga pastinya aku juga kurang tau gan, soalnya aku dulu dapatnya di pabrik. Jadi kayaknya belinya borongan/ pesanan. Di pabrik komputer Bitung-Tangerang ada, tapi udah setahun yg lalu,gak tau kalau sekarang.

Bisa beli lampunya aja kog gan, sekalian sama soketnya.

illupi said...

thanks pencerahannya gan,moni dell ane dah bisa tp bbrp bln kemudian doi mati total tombol on/off gak nyala kira2 napa ya,trus ane ganti ma moni advance 3 bln pertama normal trus selanjutnya warna dasar hitam berubah merah gan waduhhh napa lagi ya gan thks untuk solusinya jaya terus gan

Dwi Jo said...

@ Illupi: kalau monitor LCD Dell mati total paling banyak rusak di elco gan, kalau elco bagus bisa juga bagian transistor penguat di inverter (yg bentuknya kayak TIP tapi kecil2) biasanya inverternya mati sebelah.

itu Advance CRT atau LCD gan? Kalau CRT masih mudah dicari kerusakannya di bagian videoboard biasanya. Bisa kapasitor / transistor.
Kalau LCD coba di auto-setting menunya gan, kalau gak bisa berarti blok videonya bermasalah. Blok video susah dibenerin soalnya biasa rusak IC gan, kalau saya paling cuma di tukar2 dengan monitor lain.

Anonymous said...

gan ane punya dell 17", pertama bisa nyala, tapi lalu mati. kalo dimatikan, lalu pencet ON lagi.. bisa nyala beberapa detik, trus mati lagi. biaasnya didiamkan dulu agak lama, nanti nyala lagi. kira-kira apanya ya gan? thxu infonya.

Dwi said...

@ Anonymous: ada dua kemungkinan kerusakan seperti itu. mungkin karena capasitor/ elco terbakar seperti jawaban2 saya diatas, kemungkinan lain lampunya yang mati gan, kalau lampu mati harus diganti seperti gambar diatas.

dumantesa dumantesa wibowo said...

maturnuwun alias trimakasih gan atas ilmunya...cah wonosobo

Dwi said...

@ dumantesa dumantesa wibowo: sama-sama mas

Post a Comment