Tips Dan Trik Pengaturan Windows


Advertisement
Berikut enam tips yang bermanfaat untuk Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP yang akan membuat Anda schoolin 'teman dan keluarga.

1. Jangan hanya memaksimalkan jendela-layar penuh
Bila Anda memerlukan jendela besar benar-benar untuk melihat foto dan video, tidak hanya memaksimalkan itu: layar penuh! Tips ini berguna untuk melihat foto dan video pada ukuran maksimal di Windows Explorer atau Windows Media Player, memanfaatkan ruang layar biasanya diduduki oleh header di bagian atas layar dan taskbar di bagian bawah. Begini caranya:
Buka foto di Windows Explorer, atau membuka foto atau klip video pada Windows Media Player. Lakukan salah satu dari berikut:
Pada Windows 7 dan Windows XP, klik tombol F11 di bagian atas keyboard Anda.
 Foto video perbesar ke ukuran maksimum dan bar judul dan taskbar disembunyikan.





 

Melihat foto di tampilan standar Windows Explorer


Untuk membatalkan mode full-screen dan mengembalikan jendela untuk melihat normal, tekan Esc (Escape) tombol di bagian atas keyboard Anda.

2. Sesuaikan panel Navigasi
Anda dapat menggunakan panel navigasi (sebelah kiri) untuk mencari file dan folder dan menampilkan link ke folder yang sering digunakan dan item lainnya. Anda juga dapat memindahkan atau menyalin item ke tujuan pada panel navigasi.

Jika Anda tidak melihat panel navigasi di sisi kiri jendela folder yang terbuka, klik Organize, arahkan ke Layout, kemudian klik panel Navigasi untuk menampilkannya.

Untuk menyesuaikan panel navigasi di Windows 7
1.Pada sebuah folder yang terbuka atau jendela library,  klik Organize , dan kemudian klik Folder dan opsi pencarian.

2.Di kotak dialog Folder Options, klik tab General, dan kemudian melakukan satu atau kedua hal berikut:

Untuk menampilkan semua folder pada komputer Anda pada panel navigasi, termasuk folder pribadi Anda, pilih dan centang kotak Tampilkan semua folder , klik Apply untuk melihat perubahan, dan kemudian klik OK.

Untuk secara otomatis memperluas panel navigasi ke folder yang dipilih dalam jendela folder, pilih Automatically expand to current folder check box , dan kemudian klik OK.

 

Menyesuaikan panel navigasi di Windows 7


  Beberapa cara untuk menyesuaikan menu favorit Anda di Windows 7
Untuk menambah folder, pencarian tersimpan, library , atau bahkan drive sebagai favorit, tarik ke bagian Favorit pada panel navigasi. Catatan: Anda tidak dapat menambahkan file ke Favorit individu, tetapi Anda bisa menambahkannya ke folder di Favorit.

Untuk mengubah urutan favorit, drag favorit ke posisi baru dalam daftar.

Untuk mengembalikan favorit default pada panel navigasi, klik kanan Favorit, dan kemudian klik Restore Favorites Link.

Untuk melihat folder favorit Anda di mana disimpan, klik Favorites pada panel navigasi. Favorit disimpan sebagai shortcuts.

•Untuk menghapus favorit , klik kanan favorit, kemudian klik Remove. Hal ini menghapus favorit dari panel navigasi , tapi tidak menghapus file atau foldernya.

 

  Area Favorit pada  panel navigasi di Windows 7


Menambahkan folder dan file pada Windows Vista
Pada Windows Vista, Anda dapat menambahkan folder Favorite Link di panel navigasi sehingga Anda dapat membukanya dari folder jendela setiap saat. Untuk melakukan ini, pertama buka folder yang berisi subfolder yang ingin Anda tambahkan. Lalu, tarik ikon dari folder asli ke mana Anda inginkan dalam panel navigasi.
 


Anda juga dapat klik Folder di bagian bawah panel dan drag folder dari daftar folder sampai ke bagian Link Favorite dari panel. Note: Catatan: Anda tidak dapat menambahkan file individual Favorite Link, tapi Anda bisa menambahkannya ke folder dalam Favorite Link.

 
 
Gambar folder di Windows

3. Pin program atau item ke taskbar Windows 7
  Anda tahu apa yang akan membuat taskbar besar? Salah satu cara di mana Anda bisa pin aplikasi favorit Anda atau file sehingga Anda dapat membukanya dengan cepat dari setiap jendela setiap saat. Coba tebak? Anda dapat.

 Pada Windows 7, Anda juga dapat pin pintas untuk favorit atau  file, folder, dan situs web yang sering digunakan ke Jump Lists untuk masing-masing program untuk taskbar. Pelajari lebih lanjut tentang Jump Lists.


Pin program ke taskbar

Untuk pin jalan pintas program ke taskbar, lakukan salah satu berikut:

Jika program sudah berjalan, klik kanan tombol program pada taskbar (atau tarik tombol ke arah desktop) untuk membuka Jump Lists program, dan kemudian klik Pin program ini ke taskbar.

Atau jika program ini tidak berjalan, klik Strart , cari icon program, klik kanan ikon, dan kemudian klik Pin ke Taskbar.

Anda juga dapat pin program dengan menyeret pintas program dari desktop atau menu Start ke taskbar.

Menggunakan jump lists di Windows 7
  Jump lists di taskbar memberikan Anda akses cepat ke hal-hal yang paling sering digunakan. Anda dapat menarik file, folder, atau icon website atau cara pintas dari menu Start atau di desktop ke taskbar. Pin ini item ke Jump lists dan juga pin program terkait untuk taskbar. Jika Anda men-drag cara pintas untuk taskbar dan program asosiasi tersebut belum ditempelkan di sana, maka program ditempelkan ke taskbar dan item tersebut akan ditempelkan ke Jump lists program.
 
 




                                                         Pinning program untuk taskbar

Untuk melihat Jump List untuk sebuah program, klik kanan tombol program pada taskbar. Untuk membuka item dariJump List , buka Jump List program, dan kemudian klik item tersebut.

4. Kustomisasi Quick Launch Bar pada Windows XP
Pada Windows XP, Quick Launch Bar dikustomisasi juga memberi Anda cara pintas yang mudah digunakan untuk program favorit Anda, folder, dan file. Quick Launch Bar tetap dapat diakses dari windows , jadi cara ini berguna untuk membuka aplikasi dan file yang sering Anda gunakan.

Jika Quick Launch Bar belum terlihat di sebelah kanan tombol Start, Anda harus menyalakannya. Untuk melakukannya, klik kanan area terbuka taskbar. Hover mouse pointer Anda ke Toolbar, kemudian klik Quick Launch. Quick Launch Bar muncul di taskbar Anda.

 

Quick Launch Bar pada taskbar Windows XP

Untuk menambahkan program cara pintas ke Quick Launch Bar, klik tombol Start, klik Semua Program, kemudian klik dan drag aplikasi yang ingin ke Quick Launch Bar. Lepaskan tombol mouse dan icon aplikasi muncul dalam Quick Launch Bar.

Untuk menambahkan folder atau file pintas ke Quick Launch Bar, buka Windows Explorer, navigasikan ke folder, subfolder, atau individu file yang Anda inginkan, klik dan drag folder atau file yang Anda inginkan ke Quick Launch Bar. Lepaskan tombol mouse dan ikon untuk folder atau file muncul dalam Quick Launch Bar.

Untuk menghapus cara pintas dari Quick Launch Bar, klik kanan pada icon di Quick Launch Bar dari aplikasi, folder, atau file yang ingin Anda hapus dan klik kanan, klik Hapus, kemudian klik Ya ketika ditanya apakah Anda kembali yakin ingin menghapus cara pintas. Catatan: Meskipun pintas akan dihapus dari Quick Launch Bar, aplikasi yang sebenarnya, folder, atau file tidak dihapus dari komputer Anda.


5. Atur Windows pada desktop Anda
Pada Windows, Anda dapat mengatur sisi jendela samping, yang bisa sangat membantu ketika membandingkan dua dokumen atau bila memindahkan file dari satu tempat ke tempat lain. Catatan: Jika Anda menggunakan setup tidak standar (seperti dual monitor), trik-trik di bawah ini tidak dapat berfungsi seperti yang diharapkan.


Windows 7
Drag judul bar jendela ke kiri atau kanan layar sampai garis dari jendela diperluas muncul.

2.Lepaskan mouse untuk memperluas jendela.

3.Ulangi langkah 1 dan 2 dengan jendela lain untuk mengatur sisi jendela samping.

Untuk mengembalikan jendela ke ukuran aslinya klik tombol Maksimalkan di bar judul jendela dan jendela untuk memperluas ukuran penuh.

 

  Tombol untuk Maksimalkan

  Windows Vista dan Windows XP
Dalam Windows Vista dan Windows XP, mudah untuk menampilkan setiap dua (atau lebih) jendela berdampingan di desktop, semua berukuran sama.Tekan terus tombol Ctrl dan klik dua atau lebih jendela tombol pada taskbar yang ingin Anda buka. Lepaskan tombol Ctrl, klik kanan, dan kemudian melakukan salah satu dari berikut:

 

  Pengguna Windows Vista, klik Tampilkan Windows Side by Side.



 

Windows XP, Tile Vertikal Command.


6. Mengatur file Anda ke dalam kelompok Windows menawarkan berbagai pilihan untuk mengatur folder dan file dalam cara yang paling cocok untuk Anda.


Windows 7
Cara termudah dan paling efektif untuk mengatur file Anda pada Windows 7 adalah untuk menggunakan file pengaturan di perpustakaan Anda.

Anda dapat mengatur file dalam Dokumen perpustakaan oleh pengarang, misalnya, atau Anda dapat mengatur Perpustakaan musik oleh artis jika Anda sedang mencari album atau lagu oleh band tertentu.

Untuk mengatur perpustakaan

1.Pada taskbar, klik tombol Windows Explorer.

2.Pada panel navigasi (sebelah kiri), klik perpustakaan (seperti Musik).

3.Pada panel perpustakaan (di atas daftar file), klik Atur dengan menu, kemudian pilih properti. Misalnya, di perpustakaan musik, Anda dapat memilih Artis dengan cepat mengatur koleksi musik Anda dengan artis.

 

  "Arrange by" menu 


 4.Pada saat Anda mengatur file Anda, Windows tidak hanya menempatkan file dalam urutan yang berbeda. Sebaliknya, file disajikan dalam cara yang sama sekali berbeda. Pengaturan kerja yang berbeda tergantung pada mana yang Anda pilih. Misalnya, mengatur gambar dengan bulan menempatkan gambar Anda ke dalam tumpukan, seperti ini:
Files arranged in "stacks"


Mengatur hari menempatkan mereka menjadi kelompok-kelompok, seperti ini:

 

Files arranged in "groups" 


Ada empat perpustakaan default pada Windows 7, masing-masing dengan pengaturan sendiri yang spesifik.  Anda juga dapat membuat perpustakaan yang baru dan memilih pengaturan yang tersedia bagi file Anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang perpustakaan, lihat Bekerja dengan perpustakaan.

Windows Vista
Buka folder yang berisi beberapa subfolder dan file yang berbeda jenis. Klik kanan ruang kosong pada isi jendela panel, arahkan ke Group By, dan kemudian klik pilihan kelompok Anda.

 

Windows Vista Group by command. 


Windows XP
Buka folder yang berisi beberapa subfolder dan file yang berbeda jenis. Klik kanan ruang kosong pada isi jendela panel, arahkan ke Atur Ikon By, dan kemudian klik Show di Grup. Untuk mengatur isi jendela, klik kanan lagi di setiap ruang kosong di isi jendela panel, arahkan ke Atur Ikon By, dan klik Nama, Ukuran, Jenis, atau Dimodifikasi (pilihan mungkin berbeda, tergantung pada isi).

 

Windows XP Arrange icons by command. 


Advertisement

{ 4 Comments... read them below or add one }

Anonymous said...

thanks infonya .., bro

Mts.PINK 3 said...

mas numpang nanya ini komputer sy ada masalah gak tahu ngeklik apa..sehingga semua ikon dikomputer menjadi terlihat sama, misal kalo kita buka dengan pilihan word semua program akan terbuka/terlihat otomatis seperti word, klo winamp akan terlihat kaya winamp,, saya make window 7.makasih atas jawabannya.

Dwi said...

saya tidak begitu faham terlihat sama gmn maksudnya, mungkin komputernya sob ada masalah pada 'file assosiation', coba kembalikan windows ke settingan default, atau mungkin ada virus /crash program?
coba lihat di sini

Anonymous said...

thx brmanfaat banget buat ngatur tampilan folder sy :D

Post a Comment