Tips Dan Cara Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur


Advertisement
    Insomnia merupakan gangguan tidur yang menyebabkan seseorang tidak bisa mendapatkan tidur yang secukupnya. Hal ini bisa di sebabkan karena stress atau penyebab-penyebab tertentu. Tapi ada sebagian orang yang mengalami insomnia tanpa sebab.

    Jumlah tidur yang di perlukan oleh sesorang bergantung dari umurnya , kanak-kanak memerlukan jam tidur yang lebih lama berbanding orang dewasa. Jam tidur yang di perlukan orang dewasa sekitar 4-5 jam , berbanding orang yang lebih muda yang memerlukan 8 jam.

Ada beberapa tips yang dapat di lakukan untuk mengatasi insomnia ini:

*Mandi sebelum tidur , dengan mandi air hangat akan menjadikan badan kita lebih fresh dan mau tidurpun jadi lebih nyaman. Ini kalau memang anda mengidap insomnia , kalau tidak ya ga perlu mandi dengan air hangatpun sudah nyenyak tidur.
*Mengatur jam tidur , untuk mengatasi gangguan tidur ini juga harus di lakukan dengan mengatur jam tidur kita tiap-tiap harinya. Kalau anda tidur jam 11-6 , usahakan setiap hari di lakukan secara rutin tidur jam 12 dan jam 6 pagi harus sudah bangun.
*Tidur siang , siang hari kalau anda ada waktu baik juga untuk tidur sebentar , tidur siang ini lebih kurang 30 menit saja., untuk menyegarkan kembali badan kita. Sebaiknya tidur sebelum dzuhur , kalau ga sempat bisa tidur 2-3 jam sehabis makan siang.
*Kalau anda suka minum kopi sebaiknya di hentikan atau di kurangi , karena kaffein yang berlebihan juga menyebabkan kita susah tidur , dan tentu saja ini akan memperburuk gejala insomnia.
*Suasana tidur yang nyaman , usahakan bilik tidur di beri pencahayaan yang tidak terlalu terang saat tidur , karena cahaya yang terang juga membuat sebagian orang susah untuk terlelap. Juga usahakan waktu sebelum tidur untuk mematikan TV atau radio , dan menjauhkan dari suara-suara yang bising yang dapat mengganggu tidur anda.
*Sebaikya makan makanan yang mengandung karbohidrat , seperti kita kalau habis makan siang biasanya juga mengantuk kan , rasa kenyang juga membuat lebih cepat mengantuk.
*Rileks , hindari stress yang berlebihan , wajarlah kalau pekerjaan kita yang menumpuk setiap hari membuat kita jadi stress dan terlalu banyak berpikir. Tapi hal ini dapat memperburuk insomnia anda , jadi usahakan jangan terlalu banyak berpikir. Rileks saja biar gampang tidur , fisik kitapun juga harus rileks.
*Aroma therapy , menggunakan aroma therapy juga membantu untuk memudahkan tertidur , seperti lavender misalnya. Tapi harus memilih dengan tepat aroma apa saja yang sesuai untuk rileks , jangan salah minyak wangi , yang ada malah jadi ga bisa tidur sampai pagi.
*Jumpa dokter , solusi terakhir kalau insomnia anda tidak kunjung sembuh adalah mendatangi dokter anda , agar di ketahui penyebab yang pasti dan anda bisa mendapatkan perawatan yang semestinya.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

dwisuka said...

meminum susu sbl tidur malam pun bisa memudahkan tidur....

Post a Comment