SAMSUNG DAN PHILIPS FLY BACK ( FBT )


Advertisement
    Pada dasarnya semua FBT yang di pakai dalam CRT monitor adalah sama. Di lihat dari sistem kerjanya yaitu mensupply tegangan tinggi ( High Voltage ) ke dalam CRT ( Catode Ray Tube ).
    FBT juga merupakan sebuah transformator yang memiliki beberapa voltage penting , di antaranya B+ FBT , G1 , G2 , ABL , FOCUS POINT , COLECTOR OUT , dan banyak lagi tergantung dari type PCB yang di pakai.
    Biasanya kalau kita menemui kerusakan FBT akan terlebih dahulu melihat type FBT dan type monitor untuk menggantinya.
    Sebenarnya kita bisa mencari pendekatan dari type-type FBT dengan melihat pin-pin FBT yang ekuivalen dan type PCB yang di pakai. Pada beberapa manufactured mereka memakai type FBT yang hampir sama , contohnya: Samsung , Dell , Philips , LG , LG ( Gateway ) , Korea Data System ( KDS ) , dan beberapa brand lainnya.
    Di sini saya ambil contoh FBT Samsung ( PCB Samsung manufactured ) dengan monitor Philips ( PCB Philips manufactured ) : saya ada  monitor Philips rusak FBT , dan saya hanya ada FBT dari monitor Samsung. Jadi sekarang bagaimana caranya supaya monitor Philips saya bisa menyala dengan menggunakan FBT Samsung?
    Mudah saja , "no problem". Kita sudah ada akal dan pikiran ( lihat posting misteri kehidupan bab 1 ) , jadi ga usah khawatir , kita bisa mengendalikan FBT , bukan FBT yang mengendalikan kita..
    Ok , "to the point " aja , sekarang pasang FBT Samsung pada PCB Philips. Kita anggap PCB Philips ini adalah PCB Samsung , jadi kita copy semua jalur PCB Samsung pada PCB Philips. Solder semua pin FBT , setelah semua tersolder , yang perlu anda perhatikan hanya pin B+ FBT , G1 , G2 , ABL , FOCUS POINT , COLECTOR OUT , dan 2 pin GND. Semua pin ini yang di sambung ke dalam PCB Philips , jadi jalur PCB Philips di sambung sama dengan pin pada FBT Samsung ( anda harus hafal pin-pin pada FBT Samsung tentunya ). Pin yang selebihnya potong jalur PCB nya dan biarkan ga tersambung.
    Nah , kalau anda benar dalam memodifikasi FBT ini , pasti monitor Philips akan menyala "perfect" , tanpa ada size maupun warna yang berubah , semua sama seperti menggunakan FBT Philips yang original.
    Saya sudah membuktikan teknik ini , sudah melakukan BURN TEST selama satu bulan dan ga ada masalah.., "its work". Teknik ini bisa juga di pakai pada model-model monitor yang lain , bahkan untuk TV , prinsip kerja FBT tetap sama , tinggal bagaimana kita mengakalinya.



**Sorry belum sempat di lampirkan foto-fotonya , menyusul nanti.
  

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment