Manfaat Madu Untuk Obat Luka


Advertisement


    Pada posting terdahulu sudah kita ketahui bahwa manfaat madu salah satunya untuk meningkatkan libido , nah sekarang mari kita lihat manfaat lain dari madu yaitu untuk penyembuhan luka.

    Madu dikenal, sejak jaman dahulu, sebagai obat luka yang efektif. Keterbatasan ekonomi dan beban keuangan untuk membeli obat modern, telah membuat madu di pilih sebagai obat efektif terutama di negara-negara berkembang. Kesesuaian untuk semua tahap penyembuhan luka menunjukkan efektivitas klinis dalam infeksi luka kaki diabetes.

    Tiga puluh luka kaki diabetik terinfeksi secara acak dipilih dari pasien yang datang ke Departemen Bedah, Rumah Sakit Universitas Terusan Suez, Ismailia, Mesir. Madu di gunakan  pada luka selama 3 bulan sampai penyembuhan. Tahap perubahan dan penyembuhan luka , serta luas permukaan dicatat mingguan. Jumlah bakteri dipantau sebelum dan sesudah pemberian madu.


    Total penyembuhan secara signifikan dicapai pada 43,3% dari bisul. Penurunan ukuran dan tingkat kesembuhan secara bermakna tercatat  43,3% pada pasien yang lain.Jumlah bakteri dari semua borok menurun secara bermakna setelah minggu pertama pemberian madu. Kegagalan pengobatan tercatat pada 6,7% dari bisul.


    Studi ini membuktikan bahwa madu bisa di gunakan sebagai obat klinis dan biaya-efektif untuk luka diabetes di negara-negara berkembang. Hal ini tergantung dari kebudayaan dan kepercayaan tiap-tiap negara untuk menjadikan madu sebagai metode untuk obat penyembuhan luka.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment