Kerusakan Pada LCD Monitor Dell E151FPB


Advertisement




    Pada LCD monitor Dell E151FPB kerusakan yang sering di jumpai biasanya gambar blank putih , atau gambar putih dengan line vertical. Kalu kita menemui kerusakan seperti ini biasanya langsung menvonis screen panel yang mengalami kerusakan.




    Sebenarnya bukan panel yang rusak , tetapi block PCB yang menyatu dengan panel dan berisi komponen-komponen chip , yang kita melihatnya saja sudah pusing kepala , apalagi untuk merepairnya. Solusi yang paling cepat yaitu ganti panel satu block.



    Tetapi coba Anda cermati lagi , kalau kerusakannya gambar blank putih atau gambar putih dengan line itu memang block panel tadi yang rusak. Tapi kalau gambar putih masih ada samar-samar gambar dari tampilan VGA PC atau bila panas ada perubahan , itu kemungkinan kerusakan terjadi pada capasitor block power supply ( lihat gambar ).





    Dua capasitor ( 1000UF/25V dan 470UF/25V ) ini mensupply voltage pada block videoboard dan juga block PCB yang ada dalam panel tadi. Jadi bila capasitor ini mengalami kerusakan akan mengakibatkan tampilan gambar putih dengan gambar dari PC samar-samar masih kelihatan , atau gambar blank putih tetapi bila di lakukan burn test ada perubahan , yaitu lama-kelamaan gambar dari PC akan kelihatan.



    Kalau bagian ini tidak rusak , bagian lain yang perlu di curigai yaitu pada socket videoboard yang menuju ke block panel. Karena socket ini terbuat dari plastik , maka kemungkinan renggang atau patah juga sangat besar. Mungkin Anda juga patut mengetahui kerusakan pada monitor Dell M781.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Anonymous said...

untuk tegangan kerja regulator/power suplly LCD monitor Dell E151FPB itu berapa, 12v dan 5v? saya mendapatkan tegangan sekitar 3v (menggunakan avo analog) menuju vga board.

Post a Comment