Cara Agar Loading PC Lebih Cepat


Advertisement
Bosan dengan PC kamu yang loadingya lambat dan lemot? Di sini ada beberapa cara mudah untuk membantu mempercepat kelajuan Windows pada PC kamu. Ga perlu memakai PC yang speed tinggi , PC yang biasa pun kalau kita pandai menjaga dan merawatnya pasti semuanya lancar-lancar aja.

*Buang progarm yang tidak di perlukan

Kalau PC habis di instal atau baru beli pasti loadingnya mantap kan? Itu sebab belum banayk program yang terinstal,, tapi setelah lama di pakai dan sering instal program ini-itu , game , dan lain-lain maka PC jadi lambat dan lemot. Nah itu bukan berarti harus tambah RAM atau ganti PC , coba aja buang semua game dan software yang ga ke pakai itu. Pastikan instal pogram yang benar-benar kita perlukan aja. Walaupun program-program tersebut tidak di gunakan , ia tetap memakan sebagian besar ruang hardisk , dan mengganggu performance PC.

Click Start >> Control Panel >> Add or Remove Programs.

 Jaga hardisk tetap tersusun

 Kalau hardisk tidak tersusun dan penuh data yang tidak berguna , bisa memberi kesan lambat pada PC jika hardisk gagal memberi full performance loading  Windows. Lakukanlah disk clean up dan disk defragmenter dalam jangka waktu berkala.
Click Start >> All Programs >> Accessories >> System Tools

Pastikan tidak ada error pada registry

Registry juga merupakan hal penting dalam sebuah PC , regiistry adalah critical component bagi sebuah computer , kalau kita uninstall suatu program , registry akan teracak tak tersusun. Kadang-kadang , program sudah remove pun registry application masih tak hilang. Akibat dari registry errors dapat di lihat apabila komputer hang , system crash , atau keluar blue screen.
Di perlukan suatu program untuk memperbaiki error di bagian registry , gunakan tune-up utility atau apa-apa registry cleaner tools yang banyak terdapat di internet. 

Pastikan dekstop bersih

Dekstop yang terlalu banyak icon juga memberi dampak lambat pada PC. Usahakan buang icon yang tidak di perlukan , buat se-minimalist mungkin. Kita selalu ada kebiasaan me-refresh dekstop kalau PC loading lambat , sebenarnya hal ini tidak berguna. Karena refresh hanya untuk mereload icon dekstop saja. Jadi ya capek sendiri deh,, main refresh-refresh terus..

Itu tadi tips-tips mempercepat kerja PC , kalau kita rajin merawatnya ( baca: Tips-Tips Memelihara Komputer ) pasti PC akan selalu dalam kondisi  fit.., semoga bermanfaat.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Saung Web said...

Thanks atas infonya sob.. kebetulan sy awam nih soal PC hehe

Post a Comment