USB Port Rusak/Not Recognized?


Advertisement


USB Port Rusak/Not Recognized? Apakah port USB pada komputer Anda tidak bekerja, atau jika di masukkan USB device muncul notifikasi 'USB device not recognized'? Bertanya-tanya bagaimana untuk mengatasi masalah? Membawa komputer Anda ke bengkel komputer adalah suatu ide yang sangat bagus. Apakah Anda punya banyak waktu untuk itu? Bagaimana dengan mencoba beberapa trik sederhana untuk mengatasi masalah Anda sendiri? Artikel ini akan membantu Anda bagaimana Anda dapat memperbaiki masalah USB port rusak/not recognized.

Sebelum membahas tentang cara mengatasi masalah komputer, Mari kita lihat apa sebenarnya sebuah USB. Di dunia komputasi, USB atau Universal Serial Bus memiliki peranan yang sangat besar. Dengan fasilitas plug and play kita dengan mudah dapat menghubungkan perangkat penyimpanan seperti hard drive eksternal, USB flash drive serta periferal lain seperti printer, dll Selain itu, konsol game dan smart phone juga dapat dengan mudah terhubung dengan komputer melalui port USB. USB 2.0 menawarkan sampai dengan 480 Mbps kecepatan transfer.

Satu hal yang kita semua harus tahu bahwa semua hardware interface dengan OS memerlukan software driver. Dalam sebagian besar kasus, terlihat bahwa masalah hardware yang paling sering menyangkut  konektivitas USB adalah karena masalah dengan driver yang diinstal. Dalam beberapa kasus, port USB juga mungkin memiliki beberapa masalah.

Berikut ini adalah beberapa teknik pemecahan masalah umum untuk memperbaiki masalah USB:

Update Driver USB Port
Jika driver USB port corrupt, port USB tidak akan bekerja dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu menginstal ulang driver. Tapi untuk ini, Anda harus mengetahui produsen dari port USB. Jika driver yang benar telah terinstal, masalah akan tetap sama.

Restart Komputer
Apakah port USB berhenti bekerja tiba-tiba? Apakah port USB tidak mengenali perangkat? Hal pertama dan terpenting yang harus Anda lakukan adalah me-restart komputer. Memuat driver selama start up adalah masalah yang umum. Restart komputer akan menyelesaikan masalah.

Jalankan Device Manager
Setelah restart komputer jika masalah masih tetap ada, disarankan untuk menjalankan Device Manager. Untuk menjalankan Device Manager, Anda perlu mengetik 'devmgmt.msc' di kotak Run. Pada jendela Device Manager, klik pada 'computer' dalam daftar, lalu pilih tab 'action' dan klik 'Scan for hardware changes'. Periksa apakah perangkat USB yang tercantum dalam perubahan hardware atau tidak. Jika ya, masalahnya selesai.

Reinstall USB Controller
Kadang-kadang, port USB tidak bekerja karena USB Controller. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda perlu menonaktifkan dan menginstal ulang perangkat USB controller. Bagaimana melakukannya? Buka 'Start' dan ketik 'devmgmt.msc' di kotak Run. Dalam daftar, cari USB controller. Klik kanan dan uninstall semua USB controller. Restart komputer dan controllers akan diinstal ulang. Masalah Anda akan teratasi.

Ini adalah beberapa trik yang paling umum untuk memecahkan masalah USB. Jika trik ini tidak mengatasi masalah, mungkin port USB telah rusak secara fisik. Dan untuk ini, Anda harus mengganti port USB.

Port USB dapat berhenti bekerja karena berbagai sebab. Dalam sebagian besar kasus, hal ini karena masalah driver. Anda dapat berbicara dengan sebuah perusahaan jasa komputer untuk dukungan teknis.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment